Sidak Pembangunan Pabrik Tahu-Tempe, Komisi II Tak Temukan Pengawas dari Kontraktor

Balikpapan, Metrokaltim.com – Komisi II DPRD kota Balikpapan melaksanakan sidak ke pembangunan pabrik tahu-tempe di kawasan Alam Baru Somber, Balikpapan Utara, Senin (28/6).

Usai sidak Ketua Komisi II DPRD Balikpapan H Haris mengatakan, dalam sidak ia tidak menemukan adanya pihak kontraktor dilokasi, tetapi mereka hanya memberikan kepercayaan kepada tukang dan konsultan pengawas. Padahal seharusnya ada perwakilan kontraktor dilokasi, sesuai dengan persyaratan waktu saat tender.

“Karena seharusnya mereka ada ditempat untuk mengawasi, apalagi kegiatan ini membutuhkan skill seperti SIP Manager lulusan orang tenis,” ucap H Haris usia kegiatan.

Dengan begitu, komisi II meminta KPA-nya untuk memberitahukan kontraktor agar selalu hadir di lokasi setiap hari. Sementara pengawas dari MK yang mengawasi konsultan wajib mendokumentasikan dan menegur ketika ada yang tidak sesuai.

Komisi II DPRD Balikpapan saat melakukan sidak ke pembangunan pabrik tahu-tempe.

“Jadi jangan sampai pengawas yang dibayar, dia menjadi SIP Manajer di sini, karena ini Dana Alokasi Khusus (DAK),” jelas H Haris.

Lanjutnya, untuk anggarannya sendiri dirinya belum mengetahui, karena melakukan sidak ini untuk mengecek pengawasan kontraktor di lapangan, namun nyatanya tidak ada. Maka itu ia akan panggil kembali untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP) lanjutan.

Dan yang sangat disesalkan karena dinas terkait tidak melakukan pengawasan, apalagi mereka semua dibayar.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *