Sinergi Untuk Negeri Jadi Tema Peringatan HUT TNI ke-75, Kapolda Kaltim Beri Kejutan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sebagai bentuk dan rasa syukur dalam rangka HUT Ke-75 TNI, Kodam VI/Mulawarman adakan syukuran dan potong tumpeng yang dipimpin langsung oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M.Tr. (Han) di Aula Makodam VI/Mulawarman, setelah sebelumnya digelar upacara secara virtual dengan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, pada Senin (5/10).

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Joko Widodo juga berkesempatan menyapa secara vicon para prajurit TNI yang bertugas di tempat terpencil, pulau terluar dan menjaga perdamaian di bawah bendera PBB di Negara Republik Demokrasi Kongo.

Setiap tahunnya, peringatan Hari Ulang Tahun TNI adalah wujud kemanunggalan TNI serta kecintaan rakyat terhadap TNI sebagai benteng pertahanan negara yang kokoh dan kuat, yang mampu menjaga dan menegakkan kedaulatan negara melalui nilai-nilai kejuangan yang tumbuh dari tradisi Tentara Nasional Indonesia yang berasal dari rakyat sebagai ibu kandung TNI.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Wakil Gubernur Kalimantan Timur H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si, Ketua DPRD Kalimantan Timur Makmur HAPK, Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Tri Nugraha Hartanta, S.Sos., Danlanud Dhomber Balikpapan Kolonel Pnb Hendrayansyah, S.Sos, Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Andri Kristianto, Dansat Radar 223 Balikpapan Letkol Lek Dedy Sehabudin, Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Upacara peringatan HUT TNI ke-75 yang berlangsung di Kodam VI/Mulawarman.

Dengan mengusung tema “Sinergi Untuk Negeri” TNI beserta jajarannya berkomitmen untuk senantiasa memberikan yang terbaik melalui sinergitas, soliditas antara pemerintah, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat agar bangsa Indonesia semakin maju, aman dan sejahtera.  

Foto bersama usai kegiatan upacara dan syukuran.

Pangdam VI/Mulawarman mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin dan tamu undangan yang telah berkenan hadir pada acara syukuran peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 TNI Tahun 2020

Jenderal Bintang Dua tersebut juga menjelaskan untuk peringatan Hari Ulang Tahun kali ini, lebih diutamakan pada upaya TNI untuk membantu masyarakat yang mengalami berbagai kesulitan melalui kegiatan donor darah dan donor plasma konselven, anjangsana kepada para sesepuh TNI, pemberian santunan, pembagian sembako dan upaya penegakan disiplin protokol kesehatan di berbagai wilayah Kodam VI/Mulawarman.

“Namun demikian saya menyakini hal tersebut tidak mengurangi makna, nilai dan arti penting peringatan  hari jadi TNI yang akan terus menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia,” imbuhnya

Lebih lanjut lagi di penghujung acara Momentum syukuran HUT TNI Ke-75 tersebut juga diwarnai dengan pemotongan tumpeng oleh Pangdam VI/Mlw yang didampingi Danlanal Balikpapan dan Danlanud Dhomber yang diserahkan kepada Prajurit yang berprestasi. Kejutan berupa tumpeng dari Kapolda Kaltim yang dibawa oleh para pejabat utama Polda Kaltim menjadi kado spesial tersendiri untuk menunjukkan sinergitas TNI Polri yang telah terjalin selama ini menjadi pendorong semangat kebersamaan dalam menjaga pertahanan wilayah Kodam VI/Mulawarman.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *