Stok Darah di PMI Menipis, Polda Kaltim Gelar Donor Darah Massal

Balikpapan, Metrokaltim.com – Polda Kaltim menggelar donor darah massal, Senin (13/4) pagi. Kegiatan sosial ini sebagai bentuk upaya kepolisian membantu penambahan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Balikpapan yang kini mulai minipis.

Ada ratusan personel kepolisian mengikuti donor darah ini. Mereka berkumpul di Gedung Mahakam Mapolda Kaltim. Di sana, mereka menjalani donor darah yang dilakukan oleh Biddokes Polda Kaltim bersama PMI Balikpapan. Namun bukan hanya kepolisian, kegiatan ini juga diikuti para prajurit TNI.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) VI/Mulawarman Brigjen TNI Tri Nugraha Hartanta hadir dalam kegiatan tersebut. Nugraha bersama Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Eddy Sumito Tambunan dan pejabat utama Polda lainnya turut menyumbangkan darahnya.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menerangkan, ada 232 personel kepolisian di Kaltim yang mengikuti donor darah massal ini. Mereka terdiri dari Polda Kaltim sebanyak 70 personel, Polairud: 52 personel, Polresta Samarinda: 52 personel dan Polresta Balikpapan: 58 personel. “Mereka yang ikut sudah memenuhi syarat kesehatan untuk donor darah,” terang Ade.

Lebih jauh, Ade menjelaskan, aksi donor darah ini dilakukan dengan mengikuti protokol penanganan corona virus disease (Covid)-19. Seperti mengecek suhu tubuh pendonor dengan menggunakan thermometer infrared dan memberi jarak antara pendonor satu dengan yang lainnya.

Selain itu, pendonor juga diwajibkan memakai masker. Sebelum dan sesudah melakukan donor, peserta juga harus mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. Bahkan, para petugas medis juga dilengkapi alat pelindung diri, seperti sarung tangan.

Dengan begitu, diyakini Ade, darah yang telah didonorkan dalam kegiatan ini bebas dari virus corona. “Dalam kegiatan donor darah ini diberlakukan standar operasional prosedur kesehatan. Semuanya disesuaikan dengan prosedur protokol Covid-19,” jelasnya.

Namun aksi donor darah tidak akan berhenti sampai di situ. Ade menambahkan, kegiatan donor darah massal masih akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. “Donor selanjutnya antaralain Mako Sat Brimob sebanyak 70 orang dan Polda Kaltim tahap dua juga 70 orang,” tambahnya.

Dijelaskan Ade, aksi donor darah massal ini merupakan bentuk kepedulian Polri dalam membantu memenuhi ketersedian darah di PMI Balikpapan. Sebab, saat ini stok darah di instansi tersebut mulai menipis semenjak Covid-19 mewabah. “Kegiatan Ini untuk membantu pemenuhan kebutuhan darah di rumah sakit,” pungkas perwira melati tiga di pundak itu.

(tya/ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *