Suwanto Disebut Budiono Menggantikan Almarhum Riri

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kursi Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sempat alami kekosongan, pasca meninggalnya anggota DPRD Balikpapan Riri Saswita Diano.

Meski begitu, kosongnya kursi akan segera terisi, seperti yang disampikan Sekretaris DPC PDIP Balikpapan Budiono, bahwa proses Pergantian Antar Waktu (PAW) telah menemukan titik terang dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Setelah melalui beberapa tahapan partai, dan berdasarkan akta kematian, DPC PDIP Balikpapan sudah bersurat ke DPD PDIP Kaltim dan selanjutnya ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. Melalui prosedur dan tahapan tersebut keluarlah SK PAW dari DPP.

“Tahapan selanjutnya sudah kami serahkan ke DPRD Balikpapan untuk diproses,” kata Budiono saat ditemui awak media.

Dijelaskannya, proses PAW setelah diserahkan ke DPRD selanjutnya bersurat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan yang selanjutnya akan bersurat ke wali kota.

“Setelah itu wali kota akan bersurat kepada Gubernur untuk mengeluarkan SK Gubernur untuk dilakukan pelantikan,” imbuh wakil ketua DPRD Balikpapan.

Sementara untuk nama pengganti almarhum Riri di dapil Balikpapan Tengah adalah yang berada di urutan bawahnya sesuai hasil pleno KPU.

“Sedangkan nama yang akan menggantikan adalah Suwanto,” tegasnya.

Untuk pelantikannya sendiri DPC PDIP Balikpapan ingin bisa secepatnya. Karena kekosongan kursi adalah kerugian buat partai.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *