Metro Kaltim

Suwardi Tak Sedih Lagi, Setelah Kodim 0909/Sangatta Bangunkan Rumahnya yang Terbakar

Sangatta, Metrokaltim.com – Pasca musibah kebakaran yang menghanguskan rumah milik Suwardi di kawasan Jalan Pantai Santing, Desa Benua Baru Ulu Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) membuat dirinya beserta keluarga harus menumpang tempat berteduh. Kedukaan mendalam terobati sudah melalui program pembangunan rumah (bedah rumah) yang dilakukan oleh Kodim 0909/Sangatta.

Tentunya hal ini tidak slogan semata yang digaungkan baik oleh jajaran Makodim, akan tetapi lagsung eksen “terpanggil” agar Suwardi beserta keluarga dapat tersenyum bahagia lagi karena kini rumah mereka telah terbangun dengan kondisi bangunan yang lebih baru lagi.

Launching pembangunan rumah Suwardi ditandai dengan penyerahan kunci rumah dari Pasi intel Kapten Inf Subandi mewakili Dandim 0909/Sangatta Letkol (Czi) Pabate, dengan disaksikan Camat Sangkulirang Sucipto, Kepala KUA Sangkulirang Mahiddin, Kepala Desa Benua Baru Ulu Agus, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, perwakilan PT KPP Group, perwakilan dari Pemuda Pancasila (PP) serta 40 tamu undangan.

Diserahkan kunci rumah kepada Suwardi sekaligus suprise “kejutan” membawa suasana penuh suka dan cita.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada bapak-bapak TNI dalam hal ini Dandim 0909/Sangatta bapak Letkol (Czi) Pabate bersama jajaran. Yah akhirnya saya tidak menumpang lagi sudah ada rumah sendiri kami berharap program dapat terus berlanjut,” ungkap Suwardi.

Camat Sangkulirang juga turut merasa bangga atas kepedulian jajaran Kodim Sangatta tersebut yang telah membangunkan satu unit rumah kepada warganya yang baru saja tertimpa musibah kebakaran.

“Kami sebelumnya pada kesempatan ini ijinkan saya mengucapkan selamat datang kepada Bapak komandan kami yaitu bapak Dandim 0909/Sgt dalam hal ini di wakili melalui Pasi Intel-nya bapak Subandi beserta rombongan khusus di Kecamatan Sangkulirang. Kami atas nama masyarakat Kecamatan Sangkulirang mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar- besarnya atas kepedulian bapak Dandim kepada masyarakat kami, dengan membangunkan sebuah rumah yang awalnya tidak layak huni, Alhamdulillah sekarang setelah di bangun sudah dapat di tempati,” ucapan Camat Sangkulirang, Sucipto pada sambutan serah terima rumah sekaligus dalam rangka Binter Terpadu di wilayah Kodim 0909/Sangatta tahun 2019.

Penyerahan rumah yang baru selesai di bedah oleh Kodim 0909/ Sangatta.

Camat Sucipto kembali menegaskan adanya program Binter Terpadu yang disukseskan oleh Kodim 0909/Sangtta dan didukung penuh masyarakat manfaatnya sangat dirasakan, terlebih dalam membantu warga yang benar-benar membutuhkan pertolongan antar sesama dalam hal ini yang turut dijembatani TNI dari Keluarga Besar Makodim 0909/Sangatta.

“Terlebih adanya peran babinsa yang bersinergi dengan babinkamtibmas wilayah kami ini menjadi aman dan kondusif, jika pun selama ini didapati ada suatu permasalahan kami mendapatkan pendampingan langsung dari aparat yang dirasakan mengayomi dari TNI-Polri,” bebernya dengan ramah.

Sementara Pasi Intel Kodim 0909/Sangatta Kapten Inf Subandi sebelumnya menuturkan belum lama ini TNI turut menyukseskan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), pada Desa Penyolongan dengan membuat jalan tembus ke Desa Kolek kurang lebih 8 Km pada tahun 2014. Kemudian di tahun 2018 di Desa Saka dan Desa Mandu Dalam, Kodim juga melaksanakan TMMD membuat jalan tembus di masing-masing Desa tersebut.

“Pertama saya memohonkan maaf Bapak Dandim bawa hari ini tidak bisa hadir di tengah-tengah kita, karena beliau sedang ada tugas luar di Jakarta. Kegiatan Binter Terpadu ini adalah program TNI di antaranya meliputi Binwanwil, Komsos, dan Bakti TNI,” jelas Pasi Intel Kodim 0909/ Sangatta, Kapten Inf Subandi.

Dia turut menjelaskan berbagai program yang dilaksanakan bidang bakti TNI meliputi Bedah rumah, KB Kes atau pengobatan masal, penghijauan, penyuluhan pertanian dan lain sebagainya. “Yang selanjutnya di bidang komsos yaitu apem, komsos dengan KBT, cegah tangkal radikalisme dan separatisme,” tegas Kapten Inf Subandi.

Kapten Inf Subandi menambahkan adapun tahapan program berikutnya bidang wanwil meliputi adalah wasbang, bela negara dan saka Wira Kartika, saka Wira Kartika adalah bidang kepramukaan yang digagas oleh TNI Angkatan Darat.

“Yah sesuai arahan komandan kami dalam hal ini pak Dandim sebagai anggota TNI senantiasa tanggap, peduli itu yang beliau terus tanamkan kepada kami. Baik saya pribadi, bapak Dandim dan jajaran sangat berharap kepada pemerintahan Kecamatan, Desa, Perusahaan (stakeholder, Red) yang ada kedepan dapat bekerja sama dan berpartisipasi dalam menyukseskan agenda TNI,” tuturnya.

Yang mana pada pelaksanaan peresmian itu rangkaian meliputi penyerahan kunci, pemotongan pita, testimoni dari pemilik rumah, ramah tamah dan penutup.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *