Syafruddin Sosialiasi Wawasan Kebangsaan di Gunung Samarinda

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – DPRD Provinsi Kaltim Syafruddin melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika diwilayah kota Balikpapan, yang berlangsung di lingkungan RT 54 Gunung Samarinda, Balikpapan Utara (Balut), Senin (28/11/2022).

Kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri anggota DPRD Samarinda, Danramil 0905-01/Balikpapan Utara Suryatman selaku narasumber, lurah, ketua LPM, Ketua RT 54 serta warga setempat.

Dalam kesempatan ini, Syafruddin menjelaskan, sosialisasi wawasan bertujuan untuk memberikan pemahaman 4 pilar kebangsaan mulai dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhika Tunggal Ika.

Selain itu juga untuk memperkuat nilai-kebangsaan yang ada pada setiap individu, khususnya di wilayah Kaltim.

“Karena ancaman yang datang sangat membabi buta, tentu sebagai wakil rakyat ia tidak akan tinggal diam,” ucapnya dalam sambutan.

Lanjutnya, wawasan kebangsaan ini sangat penting untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat dengan beragam suku, agama dan golongan agar hidup rukun.

Bahkan sosialisasi ini sebagai upaya mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan bermasyarakat, yang mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa dan daerah.

“Serta mewujudkan warga negara Indonesia yang memiliki tekad, sikap dan T
tindakan yang teratur, menyeluruh, terpadu dan guna meniadakan setiap ancaman baik dari luar maupun dari dalam negeri yang membahayakan kemerdekaan dan kedaulatan negara kesatuan wilayah nasional serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945,” imbuhnya.

Ia berharap kedepan nilai-nilai dalam Pancasila harus tetap dipertahankan sehingga tidak sekadar dihafal tetapi harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti toleransi dan kebersamaan antar warga yang hidup bergotong-royong. (Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.