Tak Kuat Nanjak, Truk Pengangkut Beras di Balikpapan Terguling Timpa Mobil

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kemacetan sempat terjadi ditanjakan kawasan Gunung Guntur, Balikpapan Tengah, tepatnya tidak jauh dari pertigaan ke arah Sungai Ampal, pada Rabu (1/7) pagi.

Kemacetan tersebut terjadi lantaran adanya truk pengangkut beras terguling saat menanjak ke arah Sungai Ampal, sekira pukul 10.30 Wita, diduga kelebihan muatan.

Tak hanya itu, truk bernomor polisi KT 8575 LT itu juga menimpa city car jenis Wuling warna merah bernomor polisi KT 1586 Y yang dikemudikan oleh Wulan (32).

Kejadian bermula, saat truk pengangkut beras berjalan menanjak dari arah Gunung Guntur menuju Sungai Ampal, saat berada di tanjakan truk yang mengambil jalur kanan itu tidak kuat menanjak, kendaraan yang berada di belakangannya pun mencoba mendahului dari sebelah kiri.

Kecelakaan yang terjadi di tanjakan Gunung Guntur, Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah.

Namun nahas bagi Wulan yang mengendarai city car nya saat hendak mendahului, truk bermuatan beras itu terguling ke selah kiri.

“Saya liat truk ini enggak kuat nanjak. Jadi saya mau ambil jalur kiri, ada juga truk yang dibelakang truk ini nyalip tapi lambat begitu terguling jadi kena mobil saya,” ujarnya.

Kepanikan pun sempat terjadi, beruntung Wulan bersama anaknya yang masih berusia 4 tahun, berkat kesigapannya keluar dari mobil. “Pas saya lihat mau rebah saya langsung keluar lewat pintu kiri sama anak saya,” katanya.

Di temui di lokasi kejadian sopir truk nahas Amat (24) mengatakan, jika saat menanjak dirinya telah berusaha memindahkan persneling, namun karena mengalami kerusakan pada gear box sehingga truk tersebut temundur.

8 ton beras yang diangkut truk terhambur ke jalan.

“Gigi satunya hancur, jadi temundur kalo saya lurus cepet temundurnya jadi saya sempat banting setir,” timpal si pengemudi truk.

Dia menyebut rencananya beras sebanyak 8 ton ini akan dibawa menuju Jalan Beller. “Muatan beras, dari Kariangau diantar ke Beller sekira 8 ton,” sebutnya.

Dia tidak menyangka jika truk tersebut mengalami masalah, asalnya saat dibawa tidak ada tanda-tanda kerusakan.

“Pagi tadi pas ngambil enggak ada masalah, pas sampai sini baru begini,” ucap Amat.

Petugas kepolisian yang mendapat informasi pun langsung turun ke lokasi kejadian untuk mengurai kemacetan, dengan melakukan buka tutup jalan hingga kondisi normal.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.