Tambah Pasokan Listrik di Kaltara, PLN UIP KLT Bangun SUTT 150kV Tanjung Selor-Tidang Pale

Tanjung Selor, Metrokaltim.com – Untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara), PT PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Kalimantan bagian Timur (KLT) kembali melakukan pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV di Tanjung Selor – Tidang Pale. Pembangunan SUTT itu membentang sepanjang 221,65 kilometer sirkuit (kms) dengan total tower yang dibangun mencapai 327 unit.

Pembangunan tower ini juga nantinya akan menghubungkan Kabupaten Tanjung Selor hingga Kabupaten Tana Tidung. Pembangunan ini dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Timur 2 (UPP KLT 2) sebagai direksi pekerjaan.

Manager UPP KLT 2, Faal Murreyza Dundah mengatakan saat ini pekerjaan yang sedang dilaksanakan yakni penyelesaian kegiatan pengadaan tanah.

“Proyeknya mulai berjalan, saat ini masih pengadaan tanah baik itu untuk tapak tower dan right of way (ROW), serta untuk konstruksi pondasi,” papar Faal, pada Jumat (9/12/2022).

Dalam kegiatan pembangunannya dibagi menjadi tiga section pekerjaan. Hal ini dilakukan untuk mempercepat progres konstruksinya.

“Pembangunan ini dikerjakan oleh beberapa pelaksana pekerjaan untuk mengupayakan proyek dapat selesai tepat waktu,” katanya.

Hingga saat ini PLN UIP KLT selalu aktif dalam berkomunikasi dan juga berkoordinasi dengan masyarakat dan stakeholders, terutama para pemilik lahan hingga aparat setempat mulai dari Ketua RT hingga pejabat daerah seperti Bupati untuk melaporkan bagaimana progres pelaksanaannya.

“Kami berharap dengan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak ini tidak akan ada kendala dalam pembangunan tower SUTT 150kV ini,” pungkasnya.

(adv/Riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.