Tekan Angka Penyebaran Covid-19 di Balikpapan, dengan Pendisiplinan Protokol Kesehatan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam menekan angka kasus terkonfirmasi positif covid-19 di kota Balikpapan, seluruh unsur TNI-Polri bersama pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, terus gencar melaksanakan pendisiplinan protokol kesehatan.

Seperti yang dilaksanakan Kodim 0905/Balikpapan bersama Koramil 0905-01 dan Polsek Balikpapan Utara-Tengah, camat, lurah dan elemen masyarakat di Pasar Karang Jati, Balikpapan Tengah, Kamis (4/2) pagi.

Dalam kesempatan itu, Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Putu Agung Sujarnawa mengatakan, kegiatan ini sebagai tindaklanjut dalam pendisiplinan protokol kesehatan. Dan sudah disampaikan, setiap hari ia akan turun menggerakkan operasi pendisiplinan secara masif sampai 8 Februari 2021.

“Ini kami lakukan di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Kami ingin masyarakat peduli dan saling mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan,” ucap Dandim 0905/Balikpapan usai kegiatan.

Putu Agung melanjutkan, dengan dilakukannya pemberlakuan pembatasan masyarakat dalam pembagian masker dan pelaksanaan rapid antigen, ia berharap bisa berjalan secara efektif dan dapat menekan akan terkonfirmasi positif di Balikpapan.

Dandim 0905 Balikpapan saat sosialisasi pendisiplinan protokol kesehatan.

“Apalagi kemarin angka terkonfirmasi positif sangat tinggi mencapai 263 kasus, tentu ini menunjukkan kondisi di Balikpapan masih memprihatinkan. Maka itu mari kita bersama-sama mematuhi protokol kesehatan,” ujar wakil Satgas Covid-19 kota Balikpapan.

Harapan kedepannya di tiap RT ada satgas covid-19 untuk selalu mengingatkan, sehingga keluar masuk orang di lingkungannya juga bisa dikendalikan, tidak melewati batas waktu. Mengingat saat ini sudah melaksanakan relaksasi PPKM tahap ke 2.

Selain untuk menekan kesehatan, ia berharap ekonomi masyarakat tetap berjalan, agar masyarakat yakin bahwa pemerintah selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Karena tidak bisa dilihat penyelesaian covid hanya dari satu sisi, ini permasalahannya komplek, maka harus dilakukan bersama-sama,” paparnya.

Tempat terpisah Danramil 0905-01 Kapten Inf Sujud menambahkan, dirinya bersama seluruh unsur pimpinan dan masyarakat hari ini (4/2) membagikan sebanyak 350 masker yang menyasar dua tempat, yakni Pasar Karang Jati dan bundaran SPBG Muara Rapak.

Sementara untuk kegiatan selanjutnya masih menunggu arahan. Hanya ia berharap dengan adanya kegiatan ini mampu menekan angka penyebaran covid-19 di Balikpapan.

“Dan untuk kendala di lapangan sampai saat tidak ada, apalagi penyampaian yang kami berikan secara santun dan dapat dipahami, sehingga masyarakat bisa menerima apa yang disampaikan,” pungkasnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *