Tes Wawancara, KPU Balikpapan Cek Jejak Digital Calon PPK

Balikpapan, Metrokaltim.com – Tes wawancara yang di laksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan selama dua hari, dari tanggal 8 Februari hingga 9 Februari 2020. Tes wawancara ini laksanakan sebagai lanjutan dari tes tertulis kepada calon PPK yang ada di enam kecamatan di Kota Balikpapan.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, saat pelaksanaan tes wawancara, salah satu kecamatan yakni kecamatan balikpapan kota, seorang calon tidak hadir mengikuti tes wawancara yang di laksanakan.

” Satu peserta tidak hadir pada saat tes wawancara, jika sampai sore tidak kunjung datang secara otomatis gugur dalam tes wawancara yang di lakukan,” jelas Thoha.

Dalam tes tertulis sebelumnya yang di lakukan oleh KPU kota Balikpapan merupakan tes untuk menghantarkan pada tes wawancara yang di laksanakan. Sehingga tidak menjamin, jika nilainya tinggi saat tes tertulis, belum bisa menjamin saat tes wawancara bisa mendapat nilai tinggi dan lolos.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha.

” Pengetahuan tentang pemilu itu pasti, leadership, apakah terlihat jiwa kepemimpinan dan integritas. Integritas itu harga mati sebagai penyelenggara pemilu, tidak boleh berafiliasi pada siapapun, baik peserta maupun partai politik,” bebernya.

Semua akan kita periksa, jejak digital dari setiap peserta tes wawancara calon PPK, sehingga bisa terlihat apa saja yang pernah mereka unggah atau caption di jejak digital miliknya.

Selain itu juga para peserta calon PPK ini di lakukan tes psikotes dengan mengisi soal yang sudah di berikan oleh KPU kota Balikpapan.

Tes psikotes ini sengaja di berikan agar kita bisa melihat seberapa jauh para calon PPK ini bisa mengolah emosionalnya, pungkas Thoha.

(Idris/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *