Tiba di Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan Belum Kebagian Vaksin Covid-19

Balikpapan, Metrokaltim.com – Total 25.520 dosis vaksin yang tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan 5 Januari lalu. Dimana diperuntukkan untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Namun, vaksin puluhan ribu itu tidak langsung menyasar 10 kabupaten/kota di Kaltim secara sekaligus. Melainkan secara bertahap. Dan tahap pertama termin kesatu, lebih dulu diperuntukkan didua daerah. Yakni Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, dr Andi Sri Juliarty, saat press rilis Covid-19 di Balai Kota, Selasa (12/1).

dr Dio sapaan akrabnya mengatakan, hal itu diketahui setelah menerima surat dari Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Privinsi Kaltim. Yakni tentang distribusi vaksin dan rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

BACA JUGA: 25 Ribu Vaksin Covid-19 asal Cina Tiba di Balikpapan

“Kemarin (Senin) sore, kami menerima surat dari Kementerian Kesehatan. Dan salah satu poinnya, yakni fokus awal pelaksanaan (vaksinasi) yakni 15 Januari,” katanya.

Pelaksanaan vaksinasi pada Jumat (15/1) nanti, di Kota Samarinda dan Kabupaten Kukar, bukan tanpa alasan mengapa dua daerah itu lebih dulu dilaksanakan vaksinasi.

“Fokus awal pelaksanaan di Januari adalah di ibu Kota Samarinda dan Kabupaten Kukar. Vaksinasi fokus di ibu kota provinsi dan kabupaten kota yang berbatasan langsung,” sebut wanita berhijab ini.

Sementara untuk daerah lain, khususnya Kota Balikpapan, dituturkannya pada Februari mendatang. Diketahui, Kota Balikpapan mendapatkan 11.560 dosis vaksin.

“Adapun Balikpapan, masuk tahap 1 termin 2 pada Februari. Jadi bukan tidak dapat, hanya saja pelaksanaannya diundur,” tandasnya.

(all/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *