Metro Kaltim

Tiga Pentolan TNI – Polri Kutim Diarak

MetroKaltim.com, SANGATTA – Gerbong mutasi kembali dilakukan pada lingkungan Kodim 0909 Sangatta, yang mana sebelumnya Selasa (20/8/2019) dilangsungkan serah terima tongkat estafet komando dari Dandim 0909 Sangatta terdahulu Letkol (Inf) Kamil Bahren Pasha, kepada Dandim 0909 Sangatta yang baru Letkol CZI Pabate. Sertijab berlangsung di Makorem 091 Aji Surya Nata Kesuma Samarinda, jalannya Sertijab dipimpin langsung Danrem 091 ASN, Brigjen TNI Widi Prasetijono.

Sebelumnya Dandim 0909 Sangatta baru, Pabate menjabat sebagai Komandan Batalion Zipur Ananta Dharma Kodam VI Mulawarman. Sementara mantan Dandim 0909 Sangatta Kamil Bahren mendapatkan jabatan promosi pada karier militernya, dan diamanatkan menempati posisi jabatan sebagai Waasops Kasdivif I Kostrad.

Bentuk keharmonisan TNI- Polri di arak

Sebagai bentuk penghormatan serta keharmonisan penuh kebersamaan yang terjalin selama ini, antara TNI-Polri, pada Rabu (21/8/2019), Kapolres Kutai Timur AKBP Teddy Ristiawan turut menyambut dan melepas sahabat karibnya baik kepada mantan Dandim 0909 Sangatta maupun Dandim yang baru dilantik di Mako Polres Kutim.

Saat pelepasan sekaligus penyambutan di halaman Mapolres Kutim, rasa haru, bahagia dan kompak tampak terlihat di Kapolres Teddy Ristiawan, mantan Dandim 0909 Sangatta Kamil Bahren dan Dandim 0909 yang menggantikannya Pabeta, terlebih saat diarak baik oleh personil TNI – Polri.

Pengarakan ke tiga pucuk komandan TNI-Polri tersebut hingga menuju pintu gerbang keluar Kantor Polres Kutim, hal itu merupakan prosesi pelepasan Kamil Bahren dan ungkapan selamat datang kepada Dandim 0909 Sangatta Pabeta, secara militer.

Sebelum ketiga perwira unsur pimpinan TNI-Polir ini diarak mereka turut melakukan apel pelepasan gabungan di halaman Polres Kutim.

Kapolres Teddy mengungkapkan apel gabungan yang dilaksanakan sebagai wujud penghormatan kepada mantan Dandim Kamil Bahren serta menyambutnya kehadiran Dandim Sangatta yang baru Pabeta.

“Kesan mendalam saya bersama Kamil Bahren disaat giat kamtibmas dalam memberikan pengayoman akan sebuah makna kondusivitas di Kutim yang terjaga dengan baik. Termasuk saat mengawal dan mengamankan jalannya pesta demokrasi pileg bersamaan dengan pilpres,” ucap Teddy.

“TNI bersama Polri mendapat tugas pengamanan yang cukup berat. Terutama saat pesta demokrasi lalu. Kerja sama mewujudkan suasana Kabupaten Kutai Timur yang kondusif terus dilakukan. Sehingga tercipta rasa kekeluargaan yang erat antar institusi. Kami berharap, tidak hanya unsur pimpinannya saja yang kompak, tapi sampai ke jajaran bawah juga kompak dan menjalin rasa kesatuan dan persatuan,” tambahnya.

Kekompakan dan sinerginitas dapat terjalin secara baik juga diakui dan dibenarkan mantan Dandim Sangatta Kamil Bahren. Sementara Dandim Sangatta yang baru Pabeta berjanji akan terus menjalin silaturahmi secara intens dalam memberikan rasa aman, nyaman kepada masyarakat Kutim khususnya. Semoga terus bergandengan tangan bersama polri, ikut bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif,” tutur Pabate.

Pisah sambut Dandim 0909 Sangatta tidak hanya dilaksanakan di jajaran Polres Kutim, rencananya Kamis (22/72019) juga digelar prosesi yang sama dengan pihak Pemkab Kutim dilangsungkan di Gedung Serba Guna (GSG) kawasan areal Kantor Pemerintahan Bukit Pelangi Sangatta. (diskominfo/mk-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *