Tim Satgas Covid-19 Temukan Cluster Baru di Graha Indah

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam menyampaikan perkembangan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di kota Balikpapan. Pada hari ini (18/6) ada 47 penambahan kasus positif covid-19 yang terdiri dari 22 kasus riwayat bergejala, 17 kasus dari perluasan tracing, 4 kasus riwayat perjalanan dan 4 kasus riwayat orang tanpa gejala.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty memaparkan, bahwa telah terjadi cluster baru yaitu pada salah satu mini market di daerah Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara (Balut) dengan jumlah terkonfirmasi positif 5 pegawai dan 4 warga di samping mini market yang terkonfirmasi positif, jadi total ada 9 orang dari cluster wilayah Graha Indah.

Ia belum bisa memastikan, apakah ini penularan dari cluster keluarga yang belanja atau cluster toko, tetangga atau memang berdiri masing-masing.

“Ini masih kami telusuri, jadi total yang positif di sana ada 9 orang dan kami akan tindak lanjuti segera, sebagaimana ketentuan di surat edaran wali kota,” ujar dr Andi Sri Juliarty saat press rilis, Jumat (18/6).

Karena tingginya angka terkonfirmasi positif, wali kota Balikpapan mengeluarkan surat edaran yang berisi bahwa jika terjadi dua keluarga atau dua tempat yang terkonfirmasi positif di dalam satu RT, maka akan dilakukan perluasan tracing yang bekerjasama dengan Satgas PPKM mikro.

“Dan sesuai dengan keputusan menteri kesehatan, bahwa saat ini jika ditemukan satu kasus maka kontak eratnya walaupun negatif, tetap dilakukan karantina selama 5 hari. Dan lokasi cluster itu berada di Kelurahan Graha Indah,” jelasnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *