Tim STIK Lemdiklat Laksanakan Penelitian Medsos Kepolisian di Mapolresta Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Tim penelitian dari Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (STIK Lemdiklat) Polri bertandang ke Markas Polresta Balikpapan, Kamis (12/11). Di kantor polisi itu, tim meneliti dampak media sosial (medsos) yang dikelola Polresta Balikpapan beserta jajarannya.

Tim ini dikomandoi Kombes Pol Irfing Jaya. Kehadiran Irfing bersama beberapa anggotanya disambut hangat oleh Kepala Polresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi. Kegiatan penelitian sendiri berlangsung di ruang rapat utama (Rupatama) Mapolresta Balikpapan.

Kegiatan bertajuk “Konsumsi Isi Medsos dan Legitimasi Pembentukan Persepsi Polri” ini turut dihadiri perwakilan dari satuan kerja Polresta Balikpapan. Selain itu ada juga akademisi dan tokoh masyarakat Balikpapan. Di sana mereka menjadi responden atau peserta kegiatan.

Turmudi memulai itu dengan memberikan pidato singkat. Awalnya, dia mengucapakan selamat datang kepada tim peneliti di markasnya. Ia kemudian berharap, agar hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat positif kepada Polri, khususnya Polresta Balikpapan.

“Saat ini media sosial sudah berkembang pesat. Jadi kami perlu ada masukan dalam menghadapi dampak penggunaan media sosial,” ucapnya, singkat.

Usai Turmudi, Kombes Pol Irfing melanjutkan mengisi sambutan. Di hadapan para peserta, Irfing menjelaskan mengenai tujuan penelitian ini. Kata dia, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa dampak yang muncul dari medsos yang dikelola petugas atau instansi kepolisian.

“Ada dua aspek dalam penelitian ini, yaitu bagaimana konsumsi media sosial kepada anggota Polri, dan bagaimana persepsi masyarakat terhadap anggota Polri,” kata Irfing.

Setelah perwira melati tiga itu mengisi sambutan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penelitian menggunakan metode pengisian kuisioner dan wawancara kepada para responden. Untuk diketahui, selain Polresta Balikpapan, Tim Peneliti dari STIK Lemdiklat Polri juga melakukan kegiatan serupa di Polda Kaltim, Polresta Samarinda, Polres Kukar, Polres Kutim dan Polres Bontang.

(sur/ ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *