Tingginya Permintaan, Pertamina Luncurkan Pertamax Turbo di Samarinda

Samarinda, Metrokaltim.com – Meningkatnya permintaan Pertamax Turbo di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) membuat Pertamina meluncurkan secara perdana Bahan Bakar Khusus (BBK) Gasoline jenis Pertamax Turbo di Fuel Terminal (FT) Samarinda.

Peluncuran Pertamax Turbo di FT Samarinda melalui Marketin Operation Region (MOR) VI Kalimantan wilayah Kalimantan Timur ini guna memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen di Kota Samarinda pada khususnya dan wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang selama ini mendapat pasokan dari Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Executive general manager regional Kalimantan Freddy Anwar yang meresmikan penggunaan suplai point Product Pertamax Turbo di Jalan Cendana Samarinda Jumat (29/1) mengatakan bahwa permintaan BBK berjenis Gasoline (Pertamax Turbo) di wilayah Kota Samarinda dalam setahun terakhir mengalami peningkatan konsumsi sebanyak 17 persen atau 616 KL pada tahun 2020 bila dibandingkan dengan tahun 2019 yaitu 528 KL.

Di wilayah Kalimantan Timur dan Utara sendiri mengalami kenaikan sebesar 30 persen atau dari 1.242 KL tahun 2019 menjadi 1.616 KL tahun 2020. Melihat jumlah permintaan yang sangat besar Pertamina MOR VI langsung merespons ini dengan mengubah suplai point Product Pertamax Turbo ke FT Samarinda pada akhir Januari ini.

Sebelumnya Pertamax Turbo didistribusikan dari Integrated Terminal (IT) Banjarmasin, Kalimantan Selatan tahun 2018 di 4 SPBU, namun melihat jarak pengiriman dari IT Banjarmasin kes Samarinda yang mencapai 475 Km dan memakan waktu 24 jam serta bergantung pada kondisi cuaca maka MOR VI memutuskan untuk langsung mendistribusikan ke Samarinda.

“Selain konsumsi yang meningkat di tahun 2020, terdapat beberapa penambahan outlet Pertamax Turbo di SPBU seperti di SPBU Kabupaten Kutai Kartanegara, 1 outlet SPBU di Kota Samarinda dan 1 Outlet SPBU di Kota Balikpapan,” kata Freddy Anwar di SPBU Juanda Samarinda.

FT Samarinda lanjut Freddy telah menyiapkan Sarana Fasilitas berupa tanki storage dengan volume 1.000 KL untuk ketersediaan Pertamax Turbo.

Dengan adanya stok BBK Pertamax Turbo di FT Samarinda, maka penyaluran akan lebih efektif dan efisien sehingga outlet Pertamax Turbo di SPBU dapat terlayani lebih cepat dan ketersediaan pasokan lebih terjamin.

“Kehadiran Pertamax Turbo di Samarinda sangat sentral karena posisinya berada di ibukota provinsi Kalimantan Timur, dan akan menjadi titik suplai utama untuk melayani masyarakat di wilayah Samarinda, Kukar, Bontang, Kutai Barat, Kutai Timur, bahkan sampai ke Berau dan sekitarnya,” jelas Freddy.

Ketersedian Pertamax Turbo sebagai Top Tier Product di FT Samarinda otomatis akan memperbanyak outlet di SPBU merupakan jawaban atas harapan pelanggan terhadap bahan bakar berkualitas tinggi, paling tinggi di kelas gasoline.

Selain itu lanjutnya Pertamax turbo ini diklaim lebih ramah lingkungan. Produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) berstandar Euro 4 merupakan komitmen Pertamina dalam menjawab isu lingkungan.

Pertamina ingin menjawab bahwa Indonesia merupakan negara industri yang ramah lingkungan serta mampu menjawab isu-isu lingkungan yang ada.

Selain itu Pertamax Turbo juga dapat meningkatkan kemudahan untuk berkendara. “Akselerasi mesin menjadi lebih bagus, tenaga mesin bertambah, menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin, dan tidak membuat mesin kendaraan rusak,” papar Freddy.

Salah satu pengguna Pertamax Turbo, Budi mengatakan kualitas BBK ini lebih bagus dan tarikan mesin motor juga kencang. Apalagi kendaraan yang dimiliknya yakni Kawasaki Ninja ZX 10 R butuh perawatan khusus, dan dengan menggunakan Pertamax Turbo mesin motornya menjadi terawat.

“Kalau menggunakan Pertamax Turbo pastinya mesin menjadi terawat dan gak gampang rusak, BBM ini sudah suport dengan kendaraan yang digunakannya,” ucap Budi.

(bejo/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *