Metro Kaltim

Tingkatkan Cakupan Pelayanan Air Minum, Bupati Kutim Hadiri Lokakarya di Bali

Denpasar, Metrokaltim.com – Ketersediaan air bersih menjadi program prioritas yang terus di perjuangkan baik Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ir Ismunandar, MT bersama Wakilnya.

Untuk itu Kamis (29/8), Bupati Kutai Timur H Ir Ismunandar MT didampingi divisi UPT Tirta Benua (PDAM) site kawasan Bukit Pelangi, Sangatta Kabupaten Kutim, Nata bertolak ke Denpasar Bali, untuk menghadiri menghadiri lokakarya peminatan program hibah air minum APBN Tahun Anggaran 2020 Wilayah II, yang berlangsung di Ballroom The Sakala Resort Bali.

Pelaksanaan kegiatan tersebut di buka langsung oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Republik Indonesia, yang diwakili Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Ir. Agus Ahyar, M.Sc.

Agenda tersebut dirangkai pula dengan Sosialisasi Perpres Nomor 46 Tahuh 2019, tentang pemberian jaminan dan subsidi bunga oleh Pemerintah Pusat. Dalam rangka percepatan penyediaan air minum itu, juga dihadiri oleh beberapa bupati/wali kota yang tergabung dalam wilayah II, serta beberapa pejabat oleh Kementerian PUPR, Kementerian PN-BAPENAS, dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Bupati Ismunandar mengatakan dari rumusan kebijakan hasil rakornas itu, tentunya sangat membantu pemerintah kabupaten/kota, karena anggaran hibah yang dianggarkan melalui APBD, setelah selesai pelaksanaan, dana tersebut akan dikembalikan oleh pemerintah pusat melalui APBN.

“Ya, harus kita dukung terlebih program ini sangat baik, apalagi tujuannya untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum, yang diprioritaskan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Ini juga dalam rangka meningkatkan derajat kualitas kesehatan masyarakat,” ujar Ismunandar.

Dia berharap agenda rakornas yang turut di sosialisasikan dengan berbagai kebijakannya dapat meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kepada masyarakat terutama akan ketersediaan air bersih.

(diskominfo/riyan)

One thought on “Tingkatkan Cakupan Pelayanan Air Minum, Bupati Kutim Hadiri Lokakarya di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *