Tingkatkan Ketahanan Pangan, Wali Kota Samarinda Resmikan GPM

Samarinda, Metrokaltim.com – Untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kota Samarinda, Dinas Ketahanan Pangan menggelar pangan murah (GPM) di halaman kantornya pada, Senin (5/4).

Peresmian GPM tersebut langsung dilakukan Wali Kota Samarinda Andi Harun. Dalam sambutannya ia memberikan arahan kepada OPD teknis supaya pembangunan UMKM dan ketahanan pangan berdimensi jangka panjang.
“Samarinda ini memiliki potensi yang cukup untuk membangun produk lokal agar hadir di pasar-pasar publik. Produk-produk di pasaran dapat bervariasi dan didominasi produk lokal,” ungkap Andi Harun.

Orang nomor satu di Kota Tepian ini menyebutkan selain bisa membantu masyarakat juga dapat menguntungkan jika bisnis ini terus di kembangkan.

“Meskipun kebutuhan pokok bagi warga Kota Tepian masih dicukupi melalui impor. Untuk itu, kita mendorong agar UMKM bisa berkreasi dan berinovasi dengan tidak menjadi reseller dengan menjual bahan pokok yang mestinya bisa dibuat sendiri,” beber mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim ini.

Selain itu para pelaku UMKM perlu diedukasi untuk memasuki digitalisasi keuangan, karena saat ini perkembangan digital tidak dapat dihindari.

“Saya sudah berkoordinasi mendalam dengan Bank Indonesia. Supaya bisa membantu pemkot, terutama di sektor keuangan. Serta membantu produk UMKM kita masuk penyediaan pasarnya Bank Indonesia,” tandasnya.

Dalam acara tersebut, ada 40 lapak pedagang dengan berbagai produk kebutuhan pokok. Rencananya gelaran ini berlangsung hingga Selasa (6/4) besok.

(adv/mk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *