Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Balikpapan Bangun Kampung Demokrasi

Balikpapan, Metrokaltim.com – Untuk meningkatkan partisipasi dalam Pilwali Kota Balikpapan tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan akan membangun kampung Demokrasi di enam kecamatan di Balikpapan, hal ini di sampaikan langsung eh Komisioner KPU Balikpapan Mega Fariany Ferry (03/03).

Komisioner KPU Mega mengatakan, sampai sejauh ini masih ada beberapa kecamatan yang belum mengkonfirmasi, daerah-daerah mana saja yang akan dijadikan untuk menjadi kampung demokrasi, saat ini sudah ada tiga kecamatan yang siap, diantaranya Balikpapan Timur, Balikpapan Utara dan Balikpapan Kota untuk tiga kecamatan yang lain untuk sampai saat ini kami masih tunggu, sambil menunggu untuk proses selanjutnya kami akan melakukan supervisi dan monitoring beserta dengan jajaran yang terkait di antaranya Bawaslu.

” Baru ada tiga kecamatan yang siap menjadi kampung demokrasi, selebihnya belum melakukan konfirmasi terkait kampung demokrasi ini,” ungkap Mega.

Untuk berjalannya kampung demokrasi, Semestinya dalam bulan Maret ini sudah bisa kita realisasikan nanti mungkin bersama juga dengan adanya kafe pemilu yang salah satu juga menjadi program kita dalam rangka sosialisasi pilkada balikpapan.

” Harusnya sudah berjalan pada bulan Maret ini sekaligus dengan adanya kafe pemilu, semua dilakukan untuk melakukan sosialisasi Pilwali kota Balikpapan,” jelansya.

Tujuan sosialisasi adalah meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam hal ini kita harus bisa mencapai angka partisipasi masyarakat di angka 77,5 persen,seperti harapan dan target nasional. Oleh karenanya, KPU Balikpapan akan memberikan berbagai alat peraga di kampung demokrasi tersebut, seperti, tenda, papan tulis, serta lainya, pada dasarnya kampung demokrasi ini adalah wujud daripada TPS yang menjadi menjadi contoh TPS yang sebenarnya pada saat pemilu nanti ya.

” KPU berusaha agar tingkat partisipasi dalam pemilihan Walikota Balikpapan bisa mencapai target yang di inginkan, dengan adanya kampung demokrasi ini target tersebut harapanya bisa tercapai,” pungkas Mega.

(Adv/Idris/Ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *