TNI AU Gelar Latihan Bersama USAF di Langit Kalimantan, Tiga Skuadron Dilibatkan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam rangka kegiatan Air Manuver Exercise (AMX) Bomber tahun 2021. Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara mendatangkan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon Skadron Udara (Skadud) 3 Lanud Iswahjudi, Madiun untuk misi latihan bersama Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF).

Kegiatan dihadiri Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Irdam Kodam VI Mulawarman Brigjen TNI Urif Wahyudi, Wali Kota Balikpapan  Rahmad Mas’ud, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh dan unsur Forkopimda lainnya. Mereka menyaksikan aksi pesawat tempur ini landing di Base Off Lanud Dhomber Balikpapan secara satu per satu.

Satu flight Pesawat Tempur F-16 mengudara di langit Kota Balikpapan, setelah bermanuver satu persatu pesawat landing di Base Ops Lanud Dhomber Balikpapan, Rabu (1/9).

“Kita kedatangan satu flight F-16 dari skadron 3 Madiun. Misinya melaksanakan latihan AMX Bomber bersama dengan USAF di perairan Utara Sulawesi dan laut Sulawesi,” ucap Komandan Lanud Dhomber Balikpapan Kolonel Pnb Dedy Susanto saat ditemui awak media.

Dedy Susanto mengatakan, kegiatan ini akan melibatkan tiga skadron yaitu Skadron 3 Madiun, Skadron Udara Heli dan Skadron Udara 5 Intai Strategis.

Yang mana kegiatan dilaksanakan selama tiga hari. Usai latihan, F-16 akan melanjutkan misi operasi yang dilaksanakan di Kota Balikpapan.

“Sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan,” ujar Dedy.

Menurutnya, latihan ini merupakan kegiatan rutin baik dengan negara sahabat maupun negara tetangga. Walaupun terkadang latihan berubah setiap tahun tergantung kebutuhan, termasuk satuan yang dilibatkan pun juga berubah.

Dalam kesempatan yang sama Komandan Skadron 3 Lanud Iswahyudi Madiun, Letkol Agus Dwi Arianto menyampaikan, hari ini (1/9) sedang latihan bersama pesawat Bomber B-52 Stratofortress atau pesawat pembom jarak jauh.

“Tadi terbang dari Guam dan kami bertemu di utara laut Sulawesi, kemudian selesai latihan kami melaksanakan foto Exercise di mana dua B-52 dan dua F-16 berfoto kemudian diambil oleh pesawat boeing intai maritim dari TNI AU skadron 5 Lanud Hasanudin Makassar,” paparnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *