Metro Kaltim

Tujuh Sarana Penunjang di Polder Ilham Maulana Segera Diresmikan

Sangatta, Metrokaltim.com – Agenda coffee morning pada Senin (21/10) turut membahas tuntas progres yang turut digaungkan Diskominfo Perstik Kutai Timur (Kutim) bersama Pemkab Kutim, dalam mewujudkan Kutim berbasis smart city.

Yang mana penjabaran sekaligus penyampaian persentase dibawakan langsung oleh Kadis Kominfo Kutim Ir Suprihanto, CES. Dia mengutarakan saat ini berbagai inovasi, terobosan smart city telah di kembangkan.

“Kami memiliki beberapa desk website yang terdiri dari beberapa sub bagian informasi baik seputar pelayanan OPD. Adapun kendala kami terus intens menjalin kemitraan dengan segenap perangkat desa agar dapat terkonek informasi seputar desanya,” ulas Suprihanto.

Melalui Diskominfo terkait layanan informasi kesehatan telah berkoordinasi dengan OPD terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kutim. Berbagai data informasi baik dari tenaga medis maupun kepala Puskesmas, serta seputar temuan kasus berbagai wabah penyakit secara aktual dan update dapat tersaji pada pusat layanan informasi websitenya.

“Sementara untuk sarana pendukung sebagai faktor utama sarana yang menunjang smart city, pihaknya tetap fokus kepada keberadaan Polder kawasan Ilham Maulana, Sangatta yang kian tertata dan hampir rampung berjalan 100 persen. Kami juga mengambil beberapa dokumentasi tayang seputar Polder, baik yang diambil dari daratan maupun udara menggunakan tangkapan video dan photo dari drone,” jelas Kadis Kominfo Kutim.

Menanggapi berbagai kesiapan smart city, disambut positif oleh Plt Wabup Kutim H Kasmidi Bulang ST.MM. “Saya bersama pak Bupati sangat mendukung sekali percepatan progress smart city, sehingga Kutim kian berkembang dan maju,” ungkap Kasmidi Bulang.

Adapun indikator pendukung utama Polder Ilham Maulana, sebelumnya kawasan tersebut sudah dilengkapi dengan arena motor trail, arena RC Buggy, arena RC Boat.

“Ada tujuh item yang akan kita launching diantaranya peresmian pusat jajanan (kuliner, Red), arena gokart, taman bermain anak, fitness outdoor, X-Game, panjat tebing nantinya 7 spot itu akan kami resmikan,” ujar Kasmidi.

Walau demikian kemajuan Polder Ilham Maulana selain kewenangan Diskomifo Kutim, menurut Plt Bupati Kasmidi Bulang akan berkoordknasi dengan Dinas Bagian Umum Pemkab Kutim.

Suprihanto menambahkan pusat pengembangan sarana umum yang tengah dikembangkan masih fokus pada seputar kawasan Polder Ilham Maulana, yang hampir rampung 100 persen pembenahanannya sebagai indikator penunjang suksesnya smart city di Kutim.

“Selanjutnya hasil pembahasan smart city dari hasil pencapaian programnya akan kembali dipersentasekan di Jakarta,” tutupnya.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *