Metro Kaltim

Tumbuhkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kutim Terus Hadirkan Inovasi Terbaru

Sangatta, Metrokaltim.com – Memasuki masa ke masa kepimpinan, berbagai terobosan terbaru terus dilakukan dalam meningkatkan pelayanan publik khususnya para pembaca pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Dibawah kepemimpinan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kutim, Suriansyah SH mampu meningkatkan prasarana baik dalam sistem pelayanan. Untuk itu jurnalis Metrokaltim.com berkesempatan mewawancarai langsung Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kutim, saat tengah berada bersama jajarannya di stand Pekan Raya Kutim Expo, dalam rangkaian HUT Kutim ke – 20 tahun. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kutim ini menampilkan berbagai produk layanan perpustakaannya.

“Syukur Allhamdulillah kami telah membuat terobosan layanan kartu anggota perpustakaan elektrik barcode. Yang mana kartu anggota perpustakaan memiliki kelebihan dapat digunakan meminjam buku tidak hanya pada perpus dan kearsipan Kutim akan tetapi juga di tingkat Provinsi Kaltim,” ulas Suriansyah.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kutim terus berinovasi untuk menumbuhkan minat baca.

Dia mengungkapkan jumlah total buku yang ada di perpusnya berjumlah di kisaran 43 ribu buku, dan jumlah anggota perpustakaan yang terdaftar 100 kepesertaan anggota yang aktif. Demi menumbuhkan minat baca hingga pelosok se-Kutim pihak perpus meluncurkan perpustakaan keliling.

“Mobil ini standby di sekolah-sekolah seperti SD, SMP, SMA/SMK dengan jangkauan hingga Sangkima,” tutur Suriansyah.

Melalui perpustakaan mobile yang telah beroperasi, animo masyarakat terlebih dikalangan pelajar terus meningkat setiap harinya. Dia berharap baik kepada kedua kepala daerah di Kabupaten Kutim, dapat bersama-sama memajukan berbagai peningkatan fasilitas perpustakaan dan kearsipan untuk menumbuhkan generasi bangsa cerdas secara berkelanjutan.

Berikut era kepemimpinan Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kutim :

1.Drs H. MT. Barus
priode kepemimpinan : 2007 – 2009

2.Drs H Budi Santoso MM
Priode kepemimpinan : 2009 – 2016

3.Ir Suprihanto.Ces
Priode kepemimpinan : 2017 – 2019

4.H Suriansyah, SH
Priode kepemimpinan : 2019 – sampai sekarang

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *