Usai Sahur, Tim Hammer dan Satlantas Polres Kutim Berhasil Amankan Puluhan Sepeda Motor, Terlibat Balap Liar di Jalan KH Abdullah

Kutai Timur, Metrokaltim.com – Polres Kutai Timur melalui, Satuan Lalu Lintasnya (Satlantas), bersama Tim Hammer bergerak cepat dalam memindak lanjuti maraknya aksi balap liar “trek-trekan” yang dilakukan di kawasan Kutai Timur. Untuk itu tim ini bergerak cepat untuk menjaring para pelaku yang menggelar balap liar dan pesta miras, pada Rabu (29/4) pagi.

Di mana di bawah Komando Tim Hammer IPDA Wirawan Trisnadi Prawira, S.Tr.K, yang turut mewakili Kapolres Kutai Timur AKBP Indras Budi Purnomo dan turut mendampingi Kasatlantas Polres Kutim AKP Wulyadi menyasar kawasan Jalan K.H Abdullah (Arah Dermaga Kenyamukan), Kutai Timur.

Sangat beralasan jajaran Polres Kutim yang turut ditindaklanjuti Hammer, Satlantas dengan bergerak cepat mengobok-obok kawasan tersebut karena kerap dijadikan lokasi ajang balap liar. Insting (naluri) petugas kepolisian, benar saja saat menuju lokasi yang dimaksud petugas berhasil mengamankan ratusan orang dan puluhan sepeda motor yang berhasil diamankan dengan rincian, 120 anak yang masih berstatus pelajar dan 56 orang lainnya bukan pelajar, sedangkan kendaraan roda dua yang diamankan sebanyak 87 unit.

Puluhan kendaraan bermotor yang terlibat aksi balap liar diamankan tim gabungan Polres Kutim.

Komandan Hammer IPDA Wirawan menegaskan di waktu yang sama pihaknya juga mengamankan sekumpulan remaja asik mengkomsumsi minuman beralkohol (miras), mirisnya lagi dari kesemua yang terjaring saat akan tengah melakukan balap liar tidak hanya joki balap liar dan penonton laki-laki saja yang tergaruk dalam giat operasi kali ini, akan tetapi ada juga dari kalangan remaja perempuannya.

Ratusan anak-anak yang diamankan langsung diambil alih oleh Kasat Lantas Polres Kutai Timur AKP Wulyadi, dan langsung di gelandang ke Mako Satlantas Polres Kutai Timur.

Dengan berjalan kaki para pemilik motor disuruh mendorong motornya hingga ke Mako Satlantas Polres Kutim.

Kapolres Kutim AKBP Indras mengapresiasikan positif kerja keras jajarannya dalam merespon cepat (Quick Respon) dalam menindaklanjuti informasi masyarakat, demi keberlangsungan kondusifitas di wilayah hukum yang dipimpinnya.

“Kami sangat menyayangkan di tengah masa wabah penularan virus corona, juga di tengah umat muslim tengah menjalankan ibadah puasa. Akan tetapi para anak-anak baik kalangan pelajar maupun di luar pelajar malah memicu keresahan dan ketidak tentraman. Untuk itu perlunya bimbingan dan pengawasan orang tua yang lebih mendalam lagi terutama mendidik para anak-anak mereka agar menjadi baik,” ungkap Indras.

Waka Polres Kutim bersama Kasat Lantas langsung memberikan pembinaan kepada mereka yang terjaring dalam operasi balap liar.

Setelah diamankan dan dikumpulkan di halaman kantor Satlantas Polres Kutim tampak ratusan anak-anak yang terjaring tadi, langsung di lakukan pembinaan oleh Wakapolres Kutim Kompol Mawan dan Kasatlantas AKP Wulyadi.

“Tidak mudah memang untuk mengendus keberadaan balapan liar, terkadang kita harus bermain kucing-kucingan dengan para jokinya. Namun berkat pola strategi berbeda yang di lakukan oleh tim kami dari Hammer dibantuan Satlantas Polres Kutim akhirnya mereka dapat kami amankan berikut dengan kendaraan roda duanya. Saat akan melakukan penangkapan. Adapun giat mulai di gencarkan tim Hammer di backup Satlantas mulai bergerak dari setelah sahur sekitar pukul 04.20 Wita dan selesai pemeriksaan dari petugas sekitar pukul 13.00 Wita,” ucap IPDA Wirawan lagi.

Adapun sanksi pelanggaran sangat menyalahi aturan kode etik akan pelangggaran perundang-undangan yang berlaku. “Giat yang kami lakukan akan terus intens berjalan dengan waktu yang sulit untuk diduga,” tutupnya.

(rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.