Usia Salat Iduladha, Pangdam VI Mulawarman Serahkan 11 Ekor Hewan Kurban

Balikpapan, Metrokaltim.com – Di tengah berkumandangnya takbir di Hari Raya Iduladha 1441 H,Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto menyerahkan 11 ekor hewan kurban kepada panitia Iduladha bertempat di Lapangan Bekangdam VI/Mlw, Kalimantan timur, Jumat (31/7) pagi.

Tak seperti tahun sebelumnya, salat Iduladha kali ini dilakukan di rumah masing-masing mengingat situasi yang masih belum kondusif karena Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

Seusai salat Iduladha, Pangdam bersama para pejabat utama Kodam VI/Mlw menyerahkan secara simbolis hewan korban berupa sapi sejumlah 11 ekor yang nantinya akan diberikan kepada kaum duafa, yayasan dan panti asuhan di wilayah Balikpapan Kota, Balikpapan Selatan, Balikpapan utara dan sekitaran Balikpapan.

Penyembelihan hewan kurban dilakukan usai salat Iduladha.

Penyembelihan hewan kurban adalah suatu simbol atau bentuk keikhlasan umat manusia agar senantiasa mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa, sekaligus mempererat tali persaudaraan dengan sesama umat manusia dan semangat solidaritas.

Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Kav Dino Martino menyampaikan bahwa banyak hikmah yang bisa dipetik dari perayaan Iduladha kali ini, di samping untuk memupuk rasa kepedulian kita terhadap sesama umat muslim, kita juga telah ikut membantu untuk membahagiakan saudara-saudara kita yang kurang mampu pada Hari Raya Iduladha kali ini.

“Kegiatan ini juga sebagai bukti rasa syukur terhadap nikmat yang telah dilimpahkan oleh Allah SWT, karena di tengah situasi merebaknya Pandemi Covid-19 ini, kita masih bisa melaksanakan ibadah kurban seperti tahun sebelumnya,” kata Kapendam.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.