Volume Sampah Meningkat, Setiap Hari Mencapai 350-400 Ton

Balikpapan, Metrokaltim.com – Permasalahan Sampah di kota Balikpapan memang masih banyak dikeluhkan masyarakat, ditambah lagi banyaknya sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) bukan hanya sampah rumah tangga, melainkan sampah bangunan hingga ranting pohon.

Selain itu, dari pantauan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Balikpapan Nursyamsiarni Djufril Larose mengakui, bahwa telah terjadi kenaikkan volume sampah, karena masyarakat banyak memilih untuk membeli makanan dalam bentuk kemasan. Hingga terjadi kenaikkan timbunan sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar.

“Ini terjadi karena warga lebih berhati-hati, belanja pun memilih dalam kemasan. Kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan mengalami peningkatan, dan dari sisi kemasan juga banyak membutuhkan plastik untuk membungkus makanan,” ucap Nursyamsiarni saat menghadiri peresmian TPS, Rabu (29/9).

Peresmian tempat sampah di Kampung Timur, Balikpapan Utara.

Ia menjelaskan, bahwa rata-rata sampah yang masuk ke TPA Manggar setiap harinya mencapai 350 hingga 400 ton. Hal ini dikarenakan sampah di TPS maupun TPA alami peningkatan.

Dirinya juga mengucapkan rasa syukur, karena kesadaran masyarakat yang cukup tinggi, membuat kelurahan dan LPM sangat antusias dalam menyediakan TPS dilingkungan masyarakat.

“Atas dukungan garda depan ini, kita memiliki LPM yang sangat aktif, bahkan sampai memiliki TPS untuk kepentingan umum,” imbuhnya.

Menurutnya, ini bisa menjadi contoh untuk masyarakat maupun kelurahan lain yang bisa bekerjasama dengan LPM dan Pemerintah kota. Sehingga permasalahan sampah dilingkungan masyarakat bisa segera tertangani.

Tidak hanya itu, kedisiplinan masyarakat juga dibutuhkan dalam pengelolaan sampah. Diantaranya tidak membuang sampah sembarangan dan membuang sampah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

“Membuang sampah ke TPS di waktu yang telah ditentukkan yakni pukul 18.00-06.00 Wita,” pungkasnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *