Metro Kaltim

Wabup Kutai Timur Kasmidi Bulang Resmikan Program Smart City, Tarik Wisatawan Kunjungi Polder Ilham Maulana

Sangatta, Metrokaltim.com – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang melaunching dan resmikan fasilitas internet gratis pendukung program Smart City di Polder Ilham Maulana pada Jumat (15/11). Gerakan menuju 100 Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staff Kepresidenan.

Kasmidi menjelaskan, Indonesia harus mencapai 100 kabupaten/kota, salah satunya Kutai Timur, karena diyakini memiliki potensi yang besar dalam pengembangan teknologi yang di dalamnya lengkap dengan infrastruktur dasar, juga memiliki sistem transportasi yang lebih efisien dan terintergrasi.

Wabup Kutim, Kasmidi meresmikan program Smart City

“Segala fasilitas umum akan tersedia di sini, mulai dari fasilitas bermain untuk anak, penyediaan internet gratis, pujasera wadah UKM untuk berjualan, fasilitas olahraga seperti panjat tebing, gocar, skate board, dan sarana olahraga air ini syaratnya, sehingga Kutim bisa menjadi smart city, serta seluruh fasilitas yang ada tidak di pungut biaya (gratis, Red) dan semua resmi dikelola oleh pemerintah,” jelasnya.

Wabup Kutim menambahkan, konsep smart city ini menerapkan lingkungan lebih lestari yang bertujuan mendatangkan wisatawan domestik dan lokal

“Ini langsung dikelola oleh instansi terkait, tidak ada pungutan biaya untuk pujasera mereka hanya cukup bayar air dan listrik lapaknya gratis, begitupun dengan sarana go car, lapangannya gratis untuk unitnya cukup bayar uang BBM (Bahan Bakar Minyak, Red) saja, fasilitas lainnya gratis, ada pun konsep smart city menerapakan lingkungan lebih lestari, tujuan kota pintar serta dapat mendatangkan wisatawan domestik dan lokal, juga bisa menarik investor berinvestasi di Kutai Timur,” ungkap Kasmidi, Wabup Kutim.

Foto bersama usai peresmian.

Diharapkan kedepannya Polder Ilham Maulana dapat menambahkan pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD). “Karena dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan dari berbagai daerah untuk melihat konsep smart city,” terangnya Wabup Kasmidi.

Polder Ilham Maulana akan dibuka sejak pagi hingga pukul 18:00 Wita. Namun untuk pujasera buka hingga pukul 23:00 Wita. Selain itu teknologi tidak hanya semata-mata milik orang kota, namun tekologi saat ini juga dapat diakses dipedesaan.

“Untuk sementara buka dari jam enam sampai jam enam sore, karena untuk penerangan masih tahap proses akan tetapi untuk pujasera buka hingga jam 12 malam,” tutup Kasmidi.

(rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *