Metro Kaltim

Wabup Kutim Kasmidi Bulang Ajak Masyarakat Hindari AIDS dengan Hidup Sehat

Sangatta, Metrokaltim.com – Wakil Bupati H Kasmidi Bulang,ST MM berkesempatan membuka kegiatan seminar kesehatan dalam memperingati Hari Aids Sedunia. Dengan didampingi oleh narasumber WHO Indonesia, dr Nurhayati. Di Pemkab Kutim melalui Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan PT KPC menggelar seminar kesehatan, Rabu (8/1) bertempat Ruang Meranti Kantor Pemkab Kutim.

Wabup Kasmidi Bulang menyampaikan Hari HIV/AIDS Se-dunia yang diperingati setiap 1 Desember adalah momen untuk mengingatkan warga di seluruh dunia, penyakit yang satu ini tak boleh dianggap remeh.

Seminar yang mengusung tema “Bersama Masyarakat Meraih Sukses, Akhiri Epidemi HIV/AIDS” itu turut dihadiri perwakilan manajemen PT KPC, Organisasi Amanah Sehat (Oase), KPAD Kutim. Serta seluruh organisasi wanita di kutim, Gerakan Organisasi Wanita (GOW), PERSIT Kartika Chandra, Jalasenastri, Bhayangkari, TP-PKK Kutim juga para tamu undangan lainnya.

Seminar dalam rangka memperingati hari AIDS Sedunia.

“Penyakit yang disebabkan oleh virus HIV benar – benar sudah menjadi ancaman yang sangat serius, dan melalui seminar ini saya harapkan bisa menekan penularan virus HIV/AIDS,” ucapnya.

“Saya sangat merasakan keperihatinan begitu mengetahui angka temuan penderita HIV di Kutim yang cukup banyak di 2019 lalu. Semoga dengan rencana konsep penanggulangan HIV yang digarap bareng antara Dinas Kesehatan Kutai Timur, stakeholder, LSM dan KPAI Kutim bisa menurunkan angka penularan HIV/Aids di Kutim,” jelas Wabup Kasmidi

Wabup Kasmidi menambahkan atas nama pemerintah daerah, Ia mengucapkan rasa terimakasih atas partisipasi semua unsur masyarakat juga pada PT KPC, yang ikut serta bahkan memikirkan dan mengerahkan tenaga secara bersama-sama untuk mengurangi penyebaran virus penyakit HIV/Aids yang ada di daerah Kutim.

Wabup Kutim Kasmidi hadiri acara seminar.

Adapun tujuan dari seminar ini untuk mencegah serta pengendalian virus HIV/AIDS, agar terwujudnya target Three Zero pada tahun 2030 nanti.

“Saya berharap pada tahun 2030 tidak ada lagi penderita baru (Zero New HIV Infection), tidak ada lagi orang meninggal karena AIDS (Zero AIDS Related Death), dan tidak ada lagi stigma negatif terhadap orang dengan HIV AIDS/ODHA (Zero Stigma and Discrimination). Dengan mengubah gaya hidup sehat kita bisa menghentikan penyebaran virus HIV/AIDS,” tutup Wabup Kasmidi

Mulailah hidup sehat bersama keluarga dan orang yang kita cintai, serta membentengi keluarga dengan iman dan taqwa pada Sang Maha Pencipta.

(rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *