Metro Kaltim

Waduh! Sungai di Samping Hotel Zurich Tercemar Limbah, Ini Penjelasan DLH

Balikpapan, Metrokaltim – Warga di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Balikpapan Selatan, dibuat heboh. Air di saluran drainase yang berada tepat di depan Hotel Zurich tiba-tiba berubah warna, pada Selasa (1//10) siang.

Pantauan Metrokaltim.com pada sekira pukul 11.00 Wita, terlihat, air di drainase depan Hotel Zurich bewarna hitam. Biasanya air di drainase tersebut berwarna bening. Air hitam itu kemudian mengalir ke Sungai Dam – sungai di samping Hotel Zurich – hingga bermuara ke laut.

Kondisi ini membuat pinggiran Sungai Dam menjadi hitam. Bahkan, perubahan air tersebut menarik perhatian warga. Tak sedikit warga berdatangan untuk mengabadikan dengan menfoto atau menvideo momen langka ini.

Petugas DLH Kota Balikpapan saat mengambi sampel air dan tanah di drainase sungai Dam, Balikpapan.

Setelah mengetahui kejadian ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan segera datang ke Sungai Dam untuk melakukan pengecekan. Sedikit air hitam dan tanah di sungai tersebut diambil oleh petugas DLH Balikpapan untuk dijadikan sample pengecekan laboratorium.

Hasil pemeriksaan secara kasat mata, Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup (PPLH) DLH Balikpapan, Suwito memastikan, perubahan warna ini dikarenakan limbah. Namun bukan limbah minyak atau yang berbahaya, melainkan limbah domestik atau limbah rumah tangga.

“Gak ada unsur minyaknya, limbah rumah tangga saja,” tegasnya.

Dia juga memastikan, limbah domestik di Sungai Dam masih dalam batas kewajaran, sehingga tidak membahayakan lingkungan di sekitanya. “Ini limbahnya biasa aja, cuma reguler, jadi tidak membahayakan,” tandasnya.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *