Wakil Ketua DPRD Kaltim Dukung Penerapan ETLE, Sebut Dapat Meningkatkan PAD

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam waktu dekat tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan Zona Zero Tolerance (ZTT) akan diberlakukan di Kota Balikpapan. Untuk itu sosialisasi terkait penerapan tersebut terus digencarkan oleh jajarannya.

Menanggapi itu Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun mengatakan inovasi yang dibuat ini sangat luar biasa.

“Jadi ini penegakan hukum tanpa harus menempatkan orang-orang atau personel, tapi kita dapat mengetahui adanya pelanggaran yang dilakukan,” ungkap Samsun, Kamis (8/4).

Dia menyebut smart city harus memanfaatkan teknologi seperti itu, terutama di Kota Balikpapan.

“Untuk SDM-nya sendiri sudah siap, tinggal alatnya saja dan sistemnya harus disuport bareng-bareng bukan hanya polda tapi pemerintah daerahnya, kabupaten/kota juga meski terlibat bersama-sama dalam pengadaan alat penegakan hukum ini,” terangnya.

Samsun menambahkan, pihaknya mendukung dengan inovasi yang akan diterapkan di Kaltim khususnya Kota Balikpapan. Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat.

“Kita mendukung dalam rangka penegakan hukum, kedisiplinan masyarakat dan ada peningkatan pendapatan daerah, dengan adanya ETLE ini bisa mendeteksi kendaraan-kendaraan telat pajak, dengan adanya ETLE ini mengingatkan masyarakat para pemilik kendaraan yang dijual untuk balik nama, ini dapat menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah) kita,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *