Wakil Ketua I DPRD Kutim Asti, Percaya Kinerja Kadis Sosial Serta Selalu Berkoordinasi dan Terus Mengawasi

Kutai Timur, Metrokaltim.com – Menyikapi berita yang jadi perbicangan di masyarakat tentang kinerja pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dalam penanganan covid-19 berupa bantuan sembako yang di salurkan melalui dinas sosial. Media Metro Kaltim meminta tanggapan langsung ke Wakil Ketua I DPRD Kutim Asti Mazar, SE,.M.Si

Asti -sapaan akrabnya menjelaskan penanganan dari Pemkab terkait covid-19 ini tentunya juga patut diapresiasi terkait masalah teknis yang berjalan. Mungkin memang ada kekurangan dan bisa jadi evaluasi kedepan. DPRD juga sering menyampaikan secara langsung juga berkoordinasi tanpa henti kepada Dinas Sosial.

“Kita ingin segala bentuk bantuan pemerintah disalurkan sesuai dengan aturan, cepat dan tepat sasaran. Pimpinan DPRD sudah pernah rapat dengan dinas terkait hal tersebut. Dari bentuk bantuannya, peruntukkannya dan pendistrubusiannya.

Dari Dinas terkait menyampaikan data warga kurang mampu disampaikan langsung oleh ketua-ketua RT. Dan mulai dari pengadaan barang, itemnya apa saja di dalam paket tersebut sampai pendistribusian, Dinas Sosial didampingi Kajari, polres dan pihak terkait lainnya,” jelasnya.

Ia menambahkan memang yang paling riskan adalah pendistribusian. Bahkan sampai ada yang menyampaikan ke anggota DPRD bahwa di batasi bantuannya per RT, tapi RT sebelah tidak dan ada yang orang berada (mampu) malah mendapatkan bantuan. Yang bahkan benar-benar membutuhkan tidak dapat.

“Hal-hal seperti inilah yang mungkin bisa di evaluasi kembali oleh pemerintah daerah dan harus menjadi perhatian serius, Dan juga untuk ketua-ketua RT harus benar-benar menjalankan amanah dengan baik cari dan data warga bapak yang benar-benar membutuhkan itu yang kita prioritaska. Kedepan apakah nanti bantuan bisa secara ke seluruhan juga itu nanti akan berproses. Yang pasti pembagian sekarang dulu dan ini benar-benar tepat sasaran,” ungkap Asti.

DPRD selalu intens berkomunikasi dengan Dinas Sosial. “Dan saya akui luar biasa kinerja pak Kadis Sosial dan jajarannya, Bahkan saya dengar mereka tidur dalam gudang loh., Dan jarang pulang ke rumah mereka, hanya untuk memastikan barang serta pendistrubusiannya benar-benar berjalan sesuai harapan,” terang Wakil ketua I DPRD Asti Mazar.

Asti menegaskan kalau ada kekhawatiran penyalahgunaan anggaran dari dinas tersebut atau pihak lainnya. “Saya kira bukan manusia mereka dan jika masih mencari keuntungan di tengah-tengah musibah yang menimpa negeri kita ini. Saya percaya kadis sosial akan bekerja sungguh-sungguh beliau siang malam tanpa henti bekerja untuk benar-benar memberikan yang terbaik buat masyarakat,” ungkapnya.

“Kami DPRD akan terus menjalankan fungsi pengawasan. Kami juga memang jarang rapat secara fisik akan tetapi di grup WA kami selalu aktif memantau perkembangan penanganan covid 19 dan apa yang terjadi di masyarakat. Jika memungkinkan kami agendakan rapat secara fisik untuk mengambil langkah serta keputusan Jadi jika di katakan kami tidak bergerak itu salah ya. Karena secara intens saya selaku pempinan pun selalau berkoodinasi,” tutup Wakil Ketua 1 DPRD Kutim asti Mazar.

(adv/rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *