Metro Kaltim

Walikota Bantu Penampungan Air HLSW

Balikpapan, Metrokaltim.com – Walikota Balikpapan Rizal Effendi bersama Kapolres Balikpapan Danlanal, Kadishub, Kepala BPBD Balikpapan melakukan kunjungan ke Sungai Wain dan Waduk Manggar pada Sabtu (21/9) pagi. Rombongan menggunakan motor memonitor kawasan Hutan lindung sungai Wain dari ancaman kebakaran yang saat ini hampir terjadi di seluruh wilayah di Indonesia.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, Kita apresiasi teman-teman yang ada di KWPLH dapat menjaga hutan yang ada sehingga terhindar dari kebakaran lahan dan hutan.

“Memang ada tiga titik, namun itu bekas yang dahulu tahun 2015, sudah di antisipasi sehingga tidak terjadi kebakaran,” jelasnya.

Hutan lindung sungai Wain yang ada sekitar 10 hektar ini merupakan tangkapan air bagi kita semua termasuk Pertamina, walaupun alat mereka sederhana namun mampu menjaga hutan sungai Wain.

“Bisa mengantisipasi tidak ada titik api yang kecuali dari kebakaran buang beberapa tahun lalu,” ungkapnya.

Walikota Balikpapan beserta beberapa rombongan juga menyempatkan melihat langsung waduk Pertamina yang ada di sungai Wain dan kondisi waduk masih terbilang normal meskipun hujan belum ada turun di Balikpapan saat ini.

Selain itu walikota juga berencana membantu untuk penampungan air yang nantinya bisa di letakkan di titik-titik yang di sinyalir ada potensi kebakaran sehingga tidak terlalu sulit mengambil air.

” Sejauh ini mereka membawa air kedalam hutan dan cukup sulit dilalui, ya nanti kita bantu untuk penampungan air jadi bisa terjangkau,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta membagikan selebaran himbauan kepada masyarakat di sungai Wain agar tidak membakar lahan dan hutan yang dapat merugikan semua.

” kita bagikan agar bisa di baca dan di pahami terkait kerugian membakar hutan dan lahan serta di selebaran juga ada pasal yang di cantumkan jika tertangkap membakar lahan dan hutan,” bebernya.

Kita harus menjaga bersama-sama hutan yang ada saat ini sepeti yang di sampaikan pak Walikota bahwa hutan lindung sungai Wain ini merupakan tangkapan air bagi masyarakat Balikpapan, jelasnya.

(Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *