Metro Kaltim

WNA Asal China Tewas dalam Laka Kerja di Atas Kapal, KPP Balikpapan Lakukan Evakuasi

Balikpapan, Metrokaltim.com – Seorang pekerja Kapal MV Cape India tewas setelah mengalami insiden kecelakaan kerja di atas kapal pada Senin (28/10) sore sekira pukul 17.30 Wib. Korban yang diketahui Warga Negara China tersebut bernama Hefengzhi (26), posisi kapal saat itu berada di perairan antara pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Mendapat informasi tim SAR gabungan langsung segera melakukan persiapan untuk evakuasi korban. Kasi Ops Siaga dan Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan, Octavianto mengungkapkan pihaknya menerima informasi dari BBC pada Senin (28/10) sekira pukul 18.00 WITA.

“Seterusnya dilaksanakan komunikasi dengan MV Cape India sejak pukul 18.00 hingga 00.00 WITA guna mengetahui kondisi terkini korban dan penentuan titik pertemuan dan update posisi pergerakan kapal untuk dilaksanakan intercept,” terang Octa sapaan akrabnya, pada Selasa (29/10) pagi.

Tim dokter dari RS Siloam Balikpapan dr. Jemmy melakukan pemeriksaan.

Selanjutnya tim gabungan menggunakan kapal KN l. 408 dan KM Lamaru bersama tim dokter menuju titik pertemuan dengan MV Cape India di sekitar Buih Nol di Teluk Balikpapan yg telah disepakati.

“Pada pukul 05.30 WITA tim tiba di lokasi Intercept dan segera melaksanakan evakuasi terhadap Korban. Korban berhasil diturunkan dari kapal dengan ketinggian 10 meter dengan menggunakan tali dan tandu basket,” bebernya.

Tim dokter dari RS Siloam Balikpapan dr. Jemmy melakukan pemeriksaan menyatakan korban meninggal dunia sekitar 8 jam lalu.

Berdasarkan pemeriksaan sementara korban meninggal dunia karena luka akibat ledakan. “Informasinya dari nakhoda kapal bahwa korban meninggal karena terluka akibat ledakan di kapal. Kami gak tahu persis penyebabnya apa yang terjadi informasinya karena ledakan gas,” tandasnya.

Tim akhirnya membawa jasad korban ke Pelabuhan Semayang Balikpapan selanjutnya dibawa ke RS Siloam Balikpapan untuk dilakukan visum.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *