Ada Empat Pasien Suspek Corona di Balikpapan, RSKD: Kondisinya Stabil

Balikpapan, Metrokaltim.com – Empat pasien suspek corona atau Covid-19 dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kanujoso Djatiwibowo (RSKD), Balikpapan. Pihak rumah sakit menyatakan, belum ada yang boleh menjenguk para pasien tersebut.

Dikonfirmasi melalui Wakil Direktur Pelayanan RSKD, Achmad Zuhro Mar’uf, Spbs, membenarkan, ada empat pasien suspek corona dirawat di RSKD. Semua pasien tersebut merupakan warga negara Indonesia.

Namun dia enggan menjelaskan identitas keempat pasien suspek corona ini. Siapa namanya? Dari mana asalnya? Tak dijelaskan Mar’uf. Termasuk riwayat perjalanan dan kepada siapa saja pasien tersebut telah berkontak fisik, juga tak dijelaskannya.

Sebab, menurut Mar’uf, semua informasi mengenai pasien suspek corona merupakan kewenangannya Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan. “Kami tidak menampik bahwa kami merawat pasien itu (empat pasien suspek corona),” katanya ditemui awak media di RSKD, Selasa (3/2) siang.

Wakil Direktur Pelayanan RSKD, Achmad Zuhro Mar’uf, Spbs.

Lebih lanjut, Mar’uf menerangkan, empat pasien suspek corona ini dirawat di RSKD sejak hampir seminggu yang lalu. Adapun gejala-gejala penyakit yang diderita para pasien ini hingga dinyatakan suspek corona, sebut dia, yakni pilek dan panas suhu tubuh meninggi.

“Sudah hampir seminggu di sini. Gelajala awalnya itu dilihat seperti batuk pilek ringan biasa dan panas,” sebut dia.

Saat ini, lanjut Mar’uf, keempat pasien suspek corona sedang dirawat intensif di ruang isolasi RSKD. Tak boleh ada orang lain, termasuk keluarganya, yang boleh menjenguk pasien suspek corona ini. Hal ini dilakukan untuk membendung terjadinya penyeberan virus corona lebih luas.

“Saat ini pasien tidak boleh dijenguk sama sekali,” tegasnya.

Hanya saja, dia memastikan, keempat pasien suspek corona ini dalam kondisi normal. Artinya kondisi pasien tersebut tidak memburuk, namun tidak juga membaik. “Kondisinya stabil. Nanti pasien ini apabila (dinyatakan) positif corona atau tidak pasti ada tindak lanjutnya,” tandasnya.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *