Metro Kaltim

AP I Balikpapan Salurkan Dana Pinjaman CSR Rp 1,3 Miliar, Siapkan Rp 2 Miliar untuk Triwulan IV

Balikpapan, Metrokaltim.com – PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) cabang Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, bagi-bagi dana pinjaman Corporate Social Responsibility (CSR) tahap kedua, pada Kamis (3/10) kemarin.

Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, AP I Balikpapan membagikan dana CSR tahap dua senilai Rp 1,3 miliar. Bertempat di ruang rapat Kahayan kantor AP I Balikpapan, ada 21 mitra binaan yang menerima bantuan pinjaman ini. 21 mitra binaan itu diwakili oleh enam orang penerima bantuan.

Secara rinci, AP I Balikpapan menyediakan Rp 865 juta untuk dana pinjaman Program Kemitraan. Dana ini dibagi ke dalam 3 sektor, yakni industri, perdagangan dan jasa. Sektor industri mendapatkan dana pinjaman Rp 95 juta. Sementara sektor perdagangan mendapat Rp 530 juta dan sektor jasa Rp 240 juta.

Sedangkan untuk bantuan Program Bina Lingkungan, AP I Balikpapan menyediakan Rp 459 juta lebih dana pinjaman. Dana tersebut telah disalurkan ke sektor sarana umum senilai Rp 299 juta lebih dan sektor sarana ibadah sebesar Rp 160 juta.

Shared Services Senior Manager AP I Balikpapan, Ida Bagus Ketut Juliadnyana menjelaskan, penyaluran dana bantuan pinjaman ini sebagai wujud nyata kepedulian AP I Balikpapan terhadap lingkungan di sekitarnya. Selain itu, hal ini juga sebagai bentuk kontribusi AP I Balikpapan terhadap pemberdayaan peningkatan ekonomi masyarakat Balikpapan.

“Sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk menyalurkan bantuan melalui mekanisme pinjaman kemitraan maupun bantuan bina lingkungan untuk dapat dimanfaatkan bagi masyarakat,” jelasnya.

PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan saat memberikan santunan program bina lingkungan.

Dia beraharap, agar para penerima bantuan bisa menggunakan bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Sehingga, apa yang menjadi tujuan utama bantuan ini bisa terwujud.

“Penerima program kemitraan ini setelah menerima haknya untuk dapat nantinya menyelesaikan kewajibannya dengan tertib agar dapat dimanfaatkan kepada calon mitra binaan lainnya,” ujar Ida Bagus.

Salah satu mitra binaan yang menerima bantuan ini adalah Muhammad Sudi Banten. Pemilik usaha Samudra Rotan itu menyampaikan sarannya kepada AP I Balikpapan.

Dia berharap agar pengelola Bandara SAMS Sepinggan itu bisa memberikan pelatihan manajemen usaha. “Hal ini agar dapat meningkatkan kualitas produksinya,” sebutnya.

Sudi turut mengapresiasi program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilaksanakan secara berkelanjutan AP I Balikpapan ini. “Terima kasih kepada PT Angkasa Pura I (Persero) atas kontribusinya membantu kami sebagai pengusaha. Semoga semakin sukses sebagai salah satu bandara calon ibu kota negara di Kalimantan Timur,” tandasnya.

Untuk diketahui, sepanjang 2019, AP I Balikpapan telah membagikan dana pinjaman CSR Program Kemitraan dan Bina Lingkungan ke dalam dua tahap. Jika ditotal dua tahap itu, dana yang telah disalurkan untuk Program Pinjaman Kemitraan senilai Rp 1,465 miliar. Sedangkan untuk Program Bina Lingkungan dana yang telah tersalurkan sebesar Rp 835 juta.

Namun penyaluran bantuan pinjaman ini belum berhenti sampai di situ. AP I telah merencanakan akan kembali menyalurkan dana pinjaman untuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan pada Triwulan IV 2019. Adapun dana yang disiapkan untuk Triwulan IV sebesar Rp 2 Miliar.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *