Metro Kaltim

Dua Rumah Hangus Terbakar di Jalan 21 Januari

Balikpapan, Metrokaltim.com – Warga yang bermukim di kawasan Jalan 21 Januari, RT 8 Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat, mendadak panik setelah mendengar teriakan kebakaran dari sejumlah warga, pada Jumat (4/10) sore.

Setelah ditengok benar saja asap hitam membumbung tinggi dari salah satu rumah di pemukiman padat penduduk tersebut.

Dari keterangan yang dihimpun Metrokaltim.com, api mulai berkobar sekira pukul 15.07 wita dari rumah milik Eli Nurdiana (39), yang rumahnya berbahan kayu sehingga mudah terbakar. Kencangnya tiupan angin membuat api merembet ke rumah sebelahnya milik M. Nasir (37).

Salah satu warga setempat bernama Iwan (35) menuturkan bahwa tidak ada yang mengetahui persis munculnya api. Akan tetapi api tiba-tiba membakar atap rumah dan membesar.

“Gak tahu mas tiba-tiba aja itu, api langsung membesar,” ujarnya dilokasi kejadian.

Warga setempat yang mengetahui kejadian tersebut mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sambil menunggu petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan.

Tak lama kemudian petugas BPBD tiba di lokasi kejadian. Akan tetapi salah satu kendala yang dihadapi petugas yakni akses jalan menuju lokasi sempit dan tidak bisa dilalui oleh mobil pemadam. Petugas harus menyambung 9 roll selang agar menjangkau titik api atau sekitar 300 meter.

“Petugas terdekat dari UPT Barat dan Tengah segera memebrerikan bantuan dan kita lakukan pemadaman butuh sekira 10 rooll selang untuk menjangkau titik kebakaran,” kata Kepala BPBD Balikpapan, Suseso, di lokasi kejadian.

Belum diketahui asal mula api hingga membakar permukiman tersebut. Namun dipastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Penyebabnya belum diketahui, kami fokus pemadaman jadi ada dua rumah terbakar total ada 15 jiwa ditambah satu rumah yang terdampak,” pungkasnya.

Butuh waktu sekitar satu jam petugas melakukan pemadaman dengan mengerahkan tujuh armada gabungan BPBD. Akibat kebakaran tersebut dua unit bangunan rumah hangus terbakar dan satu rumah terdampak.

“Alhamdulillah api dapat dipadamkan sekitar satu jam. Gak sampai menjalar ke rumah lainnya,” tandasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *