Metro Kaltim

Apes! Melintas di Gunung Bugis Balikpapan, Warga PPU kena OTT Narkoba

Balikpapan, Metrokaltim.com – Nasib pria asal Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), berinisial PP, benar-benar apes. Gara-gara lewat Kampung Gunung Bugis di Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat, dia malah kena operasi tangkap tangan narkoba yang digelar kepolisian di sana.

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi mengatakan, pengungkapan ini bermula ketika jajarannya meggelar razia rutin di Gunung Bugis, pada Kamis (23/1) kemarin. Razia ini sendiri sebagai tindak lanjut atas razia-razia sebelumnya di Gunung Bugis.

“Ya, razi-razia pola terbuka ini sebagai bentuk keseriusan kami dalam memberantas narkoba, khususnya di wilayah Gunung Bugis,” katanya kepada awak media, Jumat (24/1).

Vidio penangkapan pembawa sabu di Gunung Bugis.

Pada saat bersamaan, PP melintasi kawasan Gunung Bugis. Kemudian dia melihat aparat bersenjatakan lengkap di sana. Awalnya dia hendak melintasi kerumunan petugas. Namun niat itu diurungkannya, PP memilih mampir ke sebuah warung dan duduk di sana.

Gerak-gerik PP ini dipantau teliti oleh petugas kepolisian. Petugas kemudian menghampiri PP. Saat diajak berkomunikasi, PP berbicara gugup, keringat dingin bercucuran di wajahnya. Kecurigan petugas pun menjadi-menjadi. Tanpa basa-basi, petugas kemudian menggeledah tubuh beserta barang bawaan PP.

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi saat menunjukan barang bukti sabu.

Sesuatu yang tak diduga-diduga pun ditemukan. Petugas menemukan tiga plastik bening kecil diduga berisi sabu-sabu di dalam tas yang dibawa PP. Selain itu, petugas juga menemukan sajam di dalam jok sepeda motor milik PP.

“Tadi dia menghindari petugas, dia duduk di warung. Tapi kami curiga, kami sudah banyak membaca modus seperti ini. Jadi, ya, kami geledah. Ternyata ada barangnya (sabu-sabu dan sajam),” ungkap Turmudi.

Meski telah ditemukan sabu-sabu dan sajam di barang bawannya, PP mengelak jika barang tersebut miliknya. Pria berambut gondrong itu merasa dijebak. Menurutnya, ada seseorang yang tanpa sepengetahuannya menaruh barang haram tersebut di tas dan sepeda motornya. “Itu memang tas saya, tapi saya enggak tahu apa isinya,” kilahnya kepada petugas.

Namun kepolisian tak percaya begitu saja. Untuk mengungkap kebenaran kasus ini, sebut Turmudi, harus melalui persidangan di pengadilan. Oleh karena itu PP dibawa ke Mapolsek Balikpapan Barat. Di sana dia ditahan dan menjalani pemeriksaan lebih lanjut. “Kami amankan dia di Polsek Balikpapan Barat,” sebut Kapolresta Balikpapan.

Belum diketahui dari mana PP mendapatkan sabu-sabu tersebut. Saat ini pihak kepolisian masih mendalami dan mengembangi kasus ini. Turmudi pun memastikan, kepolisian tidak akan pernah berhenti memberantas narkoba di Balikpapan, khususnya di Gunung Bugis.

“Polisi Polresta Balikpapan tidak pernah capek dan selalu serius menangani narkoba,” pungkas perwira melati tiga di pundak itu.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *