Berantas Corona, Kapolda, Pangdam dan Wali Kota Balikpapan Semprot Disinfektan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemerintah, Polri dan TNI bekerja sama memerangi wabah corona virus disease (Covid)-19. Selasa (31/3) pagi, mereka menggelar penyemprotan secara massal di hampir semua daerah di Indonesia, termasuk di Balikpapan.

Diketahui, ada enam kecamatan di Balikpapan. Nyaris semua kecamatan itu telah disemprot disinfektan oleh personel Polda Kaltim, Kodam VI/Mulawarman dan Pemkot Balikpapan. Bahkan, mereka juga menggunakan mobil anti huru-hara untuk mempermudah penyemprotan.

Salah satu lokasi yang menjadi penyemprotan cairan antivirus itu adalah Rumah Jabatan (Rumjab) Wali Kota Balikpapan. Hadir dalam penyemprotan ini Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono dan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto. Mereka bersama-sama menyemprotkan disinfektan itu menggunakan sprayer blower di Rumjab Wali Kota Balikpapan.

Setelah di Rumjab Wali Kota Balikpapan, Muktiono, Subiyanto dan Rizal juga menyemprotkan disinfektan di ruamah warga yang ada di Kelurahan Sepinggan Raya, Balikpapan Selatan, dekat Rumjab Wali Kota Balikpapan. Namun, sebelum penyemprotan itu dimulai mereka lebih dulu membagikan bantuan sembako kepada 2.676 santri dari 22 pesantren pondok pesantren yang ada di Balikpapan.

Kepada awak media, Muktiono mengatakan, penyemprotan disinfektan ini dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini sebagai tindak lanjut intruksi pemerintah pusat dalam menangani wabah corona. “Balikpapan, kemudian Samarinda dan semua daerah. Serentak ini di Indonesia,” kata jenderal bintang dua itu.

Sementara itu, Rizal menjelaskan, penyemprotan disinfektan ini merupakan langkah nyata pemerintah, TNI dan Polri dalam memberantas virus corona di Kota Minyak. Diharapkannya, dengan telah disemprotkan disinfektan, Balikpapan bisa bebas dari virus asal Wuhan, China, itu. “Ini akan kita lakukan secara keseluruhan guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona,” kata Rizal.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *