Ciptakan SDM Berkualitas Berbasis Digital, Pemkot Samarinda Gelar Pelatihan Pengembangan

SAMARINDA.Metrokaltim.com- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Samarinda menggelar Pelatihan pengembangan SDM Digital di Hotel Mercure Samarinda, Senin, (13/2/2023). 

Pelatihan tersebur bertujuan menjawab kebutuhan di era digital ini, diikuti pegawai dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda 

Dalam sambutannya ketiaka membuka pelatihan, Andi Harun menyatakan, pengaruh global telah sampai di kota Samarinda. Artinya masyarakat tidak bisa terhindar dari paparan era digital. 

“Sehingga suka tidak suka, kita harus persiapkan dari sekarang. Institusi pemerintah adalah institusi harus segera bermitigasi dan beradaptasi dengan era disruption itu,” ungkapnya.

Dirinya menilai kecenderungan peradaban masyarakat saat ini lebih efisien dan akuntabel. Sehingga pemerintah secara bertahap perlu mengurangi pelayanan konvensional. Demi mempersiapkan pelayanan digital, diperlukanlah SDM yang telah paham digitalisasi. 

“Menggunakan prinsip ‘man behind the gun’. Sebenarnya persoalan pentingnya bukan canggihnya peralatan, tapi bagaimana kecanggihan SDM yang mengoperasikannya. Itu yang dibina sekarang. Kami ingin segera berlari kencang untuk melakukan peningkatan kualifikasi daya intelektual,” tegasnya. (Adv)

128

Leave a Reply

Your email address will not be published.