Metro Kaltim

Gagal Menanjak, Truk Angkut Suku Cadang Alat Berat 3 Ton Terguling

Balikpapan, Metrokaltim.com – Truk bermuatan suku cadang alat berat milik PT Mupeco, terguling pada Jumat (4/10) pagi, di tanjakan Jalan MT Haryono, Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Balikpapan Utara.

Insiden truk terguling ini terjadi sekira pukul 09.15 wita. Saat itu truk bernomor polisi KT 7635 BE warna kuning yang dikemudikan oleh Fauzi Efendi (46) warga Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah ini, berangkat dari kantornya PT Mupeco di kawasan Damai, Balikpapan Selatan, menuju bengkel perusahaan di kawasan Jalan Seokarno Hatta Km 13, Balikpapan Utara.

Saat itu, truk mengangkut suku cadang alat berat berupa hydrolic. Awalnya, truk yang dikemudikan Fauzi berjalan normal saja. Akan tetapi ketika menaiki tanjakan Jalan MT Haryono, tiba-tiba termundur.

“Sopirnya langsung banting stir ke kanan dan banting stir lagi ke kiri untuk hindari kendaraan di belakang saja,” ujar salah satu saksi Akbar Sandi, di lokasi kejadian.

Ceceran oli ditutupi menggunakan pasir agar tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.

Beruntung, kendaraan lain yang berada di belakang truk tersebut tidak menjadi korban. “Muatannya yang cukup berat, tiba-tiba termundur dan langsung terguling. Untungnya tidak ada kendaraan yang kena tubruk di belakang truk itu,” sambungnya

Diperkirakan muatan truk nahas itu sekira 3 ton. Saat terguling muatan itu pun terhambur ke jalan. “Tadi sepertinya sopir mengalami singkal di bagian pundak belakang,” katanya.

Akibat truk terguling itu, ceceran oli pun langsung mengalir di sekitar lokasi kejadian. Untuk mengantisipasi adanya korban pengendara yang terjatuh akibat ceceran oli, pihak Kelurahan Gunung Samarinda Baru dibantu ketua RT setempat melakukan penutupan ceceran oli menggunakan pasir.

Petugas kepolisian saat memeriksa kondisi truk nahas.

“Jalan jadi licin karena ada ceceran oli, kami dibantu warga RT 15 dan 19 menutupi ceceran oli menggunakan pasir,” pungkansya.

Tak lama berselang evakuasi truk dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan. Sementara petugas dari Satlantas Polres Balikpapan langsung melakukan pemeriksaan terhadap sopir dan saksi-saksi, atas insiden tersebut.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *