Metro Kaltim

Dua Tahun Mengabdi Jadi Kapolres Balikpapan, Berbagai Penghargaan Di Raih

Balikpapan, Metrokaltim.com – AKBP Wiwin Firta YAP, SIK yang menjabat sebagai Kapolresta Balikpapan, Polda Kalimantan Timur sejak tanggal 6 Oktober 2017 lalu telah banyak menorehkan sejumlah prestasi dan trobosan baru untuk kemajuan dalam pelayanan yang di lakukan kepolisian Polresta Balikpapan dan Polsek jajaran.

Sebelum menjabat sebagai Kapolresta Balikpapan, AKBP Wiwin Firta sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Malinau. Di dalam kepemimpinannya, Wiwin Firta mampu menciptakan Kondusifitas Kota Balikpapan, baik dalam pemilihan secara serentak Pilpres 2019 serta mampu menekan tindakan kriminalitas yang yang ada, terlebih saat Balikpapan sebagai penyangga ibukota negara yang baru.

Dalam wawancara yang di lakukan oleh Metrokaltim.com dengan Perwira Menengah berpangkat melati dua ini mengatakan, sejumlah program, Kapolri berhasil dijalankan dengan baik, dimana Polresta Balikpapan menjadi Polres Satu-satunya Polres di jajaran Polda Kaltim yang meraih Predikat Wilayah Bebas Korupsi atau WBK dari kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

“Itu penghargaan pertama yang di terima Polres Balikpapan, satu satunya polres di jajaran Polda Kaltim yang menerima WBK,” jelasnya.

Tidak hanya puas dengan pencapaian yang dilakukan, Kapolresta Wiwin terus melakukan inovasi dan terobosan baik di bidang IT maupun Non IT, salah satunya dengan menjadi ruang pelayanan menjadi satu pintu, hal ini untuk memudahkan masyarakat balikpapan dalam melakukan pelaporan serta kebutuhan lainnya, bahkan di dalam ruangan telah di siapkan rumah konsultasi, ruang bermain anak serta ruang laktasi.

“Semua ini untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat balikpapan yang ingin membuat SKCK atau membuat laporan termasuk ruang pelayanan SIM,” imbuhnya.

Selain menciptakan ruang pelayanan satu pintu, Polres Balikpapan juga menciptakan ruang Command Center, yang merupakan program bersama dengan Pemerintah Kota Balikpapan dengan penggunaan CCTV, dimana CCTV yang ada sudah terpasang di beberapa wilayah yang ada. Hal ini di lakukan untuk meningkatan pelayanan kepada masyarakat serta menciptakan situasi yang kondusif guna mendukung pembangunan di Wilayah Balikpapan.

Selain menciptakan ruang pelayanan satu pintu, Kapolres juga memberikan trobosan baru untuk mempermudah bagi masyarakat yang ini memperpanjang SIM, dimana Polresta Balikpapan mengoperasikan dua kendaraan Simling atau SIM Keliling yang ditempatkan di beberapa lokasi. Untuk program unggulan ada” SIM Go To Kampus dan SIM Pelayanan ” SIM malam hari” setiap akhir pekan di pusat keramaian yang ada di Balikpapan, hal ini untuk memberikan pelayanan Prima kepada masyarakat.

Kapolresta Balikpapan, AKBP Wiwin Firta saat bersuwa foto bersama awak media di ruang kerjanya.

“Sangat membatu pastinya, sehingga masyarakat bisa memperpanjang SIM di pusat keramaian, bagi masyarakat balikpapan yang tidak memiliki waktu untuk Ke Polresta lantaran kesibukan kerja,” jelasnya.

Dari keseriusan dan kerja keras yang di lakukan dalam memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat, pada tahun 2017 tanggal 12 Desember, Polresta Balikpapan meraih penghargaan dari Kepala Kepolisian Negara RI atas prestasinya sebagai Polres Terbaik di Bidang Pelayanan Penertiban SIM di lingkungan Polri Hasil penilaian Ombudsman RI.

Inovasi terus di lakukan oleh AKBP Wiwin Firta, hingga beberapa penghargaan terus di raih oleh polresta Balikpapan, seperti IRSA dan Wahana Tata Nugraha yang selalu di dapat setiap tahun. Dengan terus membangun inovasi dan program unggulan lainnya dalam membangun zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani atau WBBM seperti Polisi Turun ke jalan mengatur lalulintas.

“Jadi setiap pagi semua anggota kepolisian dari polres hingga ke bawah membantu mengatur lalulintas di jalan raya, sehingga masyarakat nyaman sat beraktivitas di pagi hari,” tambahnya.

Selain itu juga ada terobosan baru, yakni aplikasi “Beruang Madu” dimana masyarakat bisa mendownload di play store dan hal ini juga untuk mempermudah masyarakat balikpapan. Di dalam aplikasi Beruang Madu ini banyak sekali yang bisa di manfaatkan, seperti SKCK online, SIM online, Pengaduan, dan Panic Buttom. Selain itu polres membentuk tim Unit Reaksi Cepat yang di gawangi oleh unit Sabhara serta Tim Beruang Hitam yang di gawangi Unit Jatanras Polresta Balikpapan.

Penghargaan yang di dapat di akhir masa jabatan Kapolresta Wiwin Firta yakni, sebagai Role Model dengan kategori “Pelayanan Terbaik” dalam pelayanan khususnya pelayanan SIM dan SKCK dari kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Tak hanya itu, menjelang di akhir masa pengabdiannya sebagai Kapolresta Balikpapan, beedasarkan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, nomor: B/849/M.KT.01/2019, tanggal 18 September 2019, Polres Balikpapan ditingkatkan tipenya menjadi Polresta Balikpapan.

Dengan capaian yang di dapat Polresta Balikpapan di bawah kepemimpinan AKBP Wiwin Firta, tidak membuat merasa puas, namun dirinya berharap, inovasi terus di ciptakan untuk pelayanan masyarakat.

Kapolresta Balikpapan AKBP Wiwin Firta berpesan, agar masyarakat Balikpapan secara bersama-sama menjaga kondusifitas kota Balikpapan, tidak mudah percaya dengan berita-berita yang belum tentu kebenarannya yang dapat membuat tidak nyaman serta merusak kekondusifan kota Balikpapan.

“Aktifkan poskamling, jaga Kondusifitas daerah bersama TNI dan Polri, jadilah polisi bagi diri sendiri,” pungkasnya.

(idris/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *