Galang Nusantara Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD KNPI Balikpapan Periode 2022-2025

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Balikpapan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) Bersama. Mengangkat tema Kolaborasi dan sinergi pemuda untuk membangun negeri di Ballroom Hotel Platinum Balikpapan, Senin (10/1).

Secara aklamasi, Galang Nusantara terpilih sebagai Ketua DPD KNPI Kota Balikpapan dan sekaligus dilantik dengan masa periode 2022-2025. Di dukung penuh 44 Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) dan empat Pengurus Kecamatan (PK). Dan tiga kubu DPP KNPI sepakat menunjuk Galang Nusantara.

Ketua DPD KNPI Balikpapan terpilih, Galang Nusantara mengucap syukur dan terimakasih atas selesai sudah drama perbedaan di kubu KNPI Balikpapan. Musda bersama yang baru saja diselenggarakan ini akan menjadi langkah baik kepemudaan Balikpapan.

“Alhamdulillah proses pelantikan juga sudah dilalui dengan lancar. Secepatnya hari selasa (besok) jajaran pengurus DPD KNPI Balikpapan yang baru dilantik akan bersurat kepada pemerintah,” ucap Galang.

Galang menyampaikan, bahwa akan menyurati Kesbangpol dan Dispora untuk memberitahukan Kepengurusan DPD KNPI Balikpapan hasil Musda bersama.

“Kami juga akan mencoba audiensi dengan unsur Muspida, terutama pak Wali Kota, Rahmad Mas’ud yang sama-sama kita hormati, banggakan dan sayangi,” jelas Galang.

Kemudian dari jajaran Legislatif Kota Balikpapan termasuk Yudikatif, Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan akan disambangi, bahwa Balikpapan telah berhasil melaksanakan Musda bersama dan sudah dilantik.

Menurutnya, Musda bersama ini adalah pilot project menyatukan kepemudaan yang terpecah menjadi beberapa Kepengurusan. Pasalnya, Balikpapan kota pertama di Kaltim yang berinisiasi dan berhasil menggelar Musda bersama di Hotel Platinum.

“Provinsi juga akan melakukan rekonsiliasi untuk menjelang Kongres bersama di Pusat. Jelasnya belum tahu, tapi yang jelas dari Pengurus Provinsi Kaltim mengatakan mandataris dari KNPI Balikpapan adalah hasil Musda Bersama yang dilaksanakan di Hotel Platinum, Senin 10 Januari 2022 ini,” paparnya.

Sebelumnya, tiga pengurus DPP KNPI bergabung dalam Musda bersama. Yaitu Kepengurusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) KNPI Raden Andreas Nandiwardhana, DPP KNPI Noer Fajrieansyah, dan DPP KNPI Mustahuddin.

Dimana masing-masing kepengurusan mengutus perwakilan dari Pengurus Pusat, Pengurus Provinsi Kaltim dan Pengurus DPD KNPI Balikpapan. Bentuk komitmen untuk bersama mensukseskan acara Musda KNPI.

Ketiga pengurus KNPI yang bersepakat dan baru saja menggelar Musda DPD KNPI bersama yaitu, pertama, DPP KNPI Raden Andreas Nandiwardhana, turunan DPD KNPI Kaltim Tito Sugiarto dan DPD KNPI Balikpapan Ashar Firman Syah.

Kedua, DPP KNPI Noer Fajrieansyah turunan DPD KNPI Kaltim Zieko Ch Odang dan DPD KNPI Balikpapan Galang Nusantara. Ketiga, DPP KNPI Mustahuddin turunan DPD KNPI Kaltim Asbar M. Akib dan DPD KNPI Balikpapan Muhammad Irfan.

“Jadi kalau kita bicara turunan saya mendapat SK Kemenkumham. Dan bagaimana ke depan itu setelah dilaksanakannya Kongres bersama akan ada pengendalian akta termasuk pengendalian SK. Jadi ke depan setelah Kongres bersama akan ada satu SK saja,” akunya.

Setelah diberikan amanah memimpin, Galang pun berharap dapat merangkul seluruh OKP yang belum bergabung di Musda Bersama. Menurutnya KNPI adalah payung atau rumah bagi OKP.

“KNPI tanpa OKP bukanlah apa-apa. Ayok kita gabung bersama-sama dan fokus dengan berakselerasi dalam perubahan dalam menyambut IKN, sehingga pemuda dan pemudi kita tidak tertinggal dan bisa berperan untuk persiapan,” ungkapnya. (Mys/Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *