GEPAK Kuning Kaltim Geram, Baju Adat Tana Tidung di Sebut Baju Adat Bangsa Cina

Balikpapan, Metrokaltim. com – Sejak diluncurkannya uang pecahan senilai Rp 75.000 rupiah oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia dengan menampilkan pakaian adat sebagai gambar Dimata Uang yang Baru.

Dari gambar pakaian adat tersebut satu pakaian adat Tana Tidung, Kalimantan Utara atau Kaltara menjadi salah satu pakaian adat yang masuk menghiasi uang baru pecahan Rp 75.000 rupiah yang di keluarkan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Namun sayang, pakaian adat Tana Tidung ini banyak yang belum mengetahuinya sehingga sempat menjadi vital di media sosial Twitter di akun Twitter Riana dan SalimBoy. Riana melalui akunnya @Rianaa_na09 melontarkan pertanyaan yg menimbulkan riak ramai di jagat sosial media dgn tulisan, “ini uang pecahan 75ribu yg dikeluarkan BI hari ini. Itu yg tengah pakaian adat mana ya ada yg tau?” Tanya Riana.

Sementara di akun Twitter, SalimBoy, @SalimBo77555895 dengan gagah menjawab cuitan Riana “itu mah jelas adat china‚Ķ Selama ane belajar disekolah sampe sekarang, baru tau ada baju adat kaya bangsa china #pantasngotot bikin uang 75ribuan.

Cuitan Riana dan SalimBoy ini mendapatkan tanggapan dari keluarga besar GEPAK Kuning Kalimantan Timur dan Kaltara sebagai salah satu anak Pewaris Adat Budaya di bumi Kalimantan perilaku tersebut adalah tindakan yg menorehkan luka didalam Budaya kami. Oleh karena itu kami meminta kepada pemilik 2 Akun tersebut agar meminta maaf kepada Masyarakat Tidung secara Khusus serta masyarakat Kalimantan secara Umum atas perilaku tidak baik yg telah mereka lakukan melalui akun Twitter mereka tersebut, (18/08).

” Ini melukai masyarakat Tidung, Kalimantan Utara sebagai Pemilik Baju Adat, Pemilik kedua akun Twitter tersebut harus meminta maaf,” tegas Suriansyah saat di temui di kediaman nya.

Mereka harus meminta maaf melalui akun Twitter kembali, dan di viralkan sebagai permintaan maaf atas kekeliruan yang di lakukan mengenai baju adat yang ada di uang pecahan Rp 75.000 yang baru.

“Permintaan maaf harus di layangkan paling lama 2X24 jam di media sosial Twitter oleh Riana_na09 dan SalimBoy, pungkas Suriansyah.

(Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published.