Harapkan Dukungan DPRD, Pemkot Samarinda Akan Tingkatan TPP Guru di Tahun 2023

SAMARINDA.Metrokaltim.com. Kriteria untuk menaikan Tambahan Perbaikan Penghasilan (TPP) guru di Kota Samarinda telah final. Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat sidang Paripurna DPRD Kota Samarinda pada, Senin (21/11/2022). 

Andi Harun mengatakan bahwa Pemkot meminta dukungan dan kerjasama legislatif terkait upaya peningkatan kesejahteraan guru, tenaga medis dan juga petugas kebersihan. 

“Kami berharap dukungan dan bekerjasama dari DPRD, tidak hanya guru tapi juga perawat dan petugas kebersihan yang akan kita perjuangakan,” sebutnya. 

Ia mengakui jika peningkatan kesejahteraan itu telah disampaikan olehnya kepada Sekataris Daerah (Sekda) Kota Samarinda terutama penghasilan tambahan yang akan diterima oleh para guru. Pasalnya, sudah berapa lama para guru menerima TPP yang jumlahnya kecil dan sudah waktunya untuk ditingkatkan. 

“Berdasarkan kemampuan keuangan daerah, kita akan tingkatkan. Kita akan juga sampaikan Perwali nya. Karena selama ini tidak pernah dilaporkan di Kota Samarinda adanya Perwali pembentukan Kemampuan Keuangan Daerah (KKD) yang itu merupakan kewajiban dari undang-undang,” ungkapnya. 

Andi Harun juga mengatakan bahwa pihaknya juga akan mengajak seluruh Anggota DPRD Samarinda untuk bersama-sama mengetahui jika peruntukan kemampuan keuangan daerah dilaksanakan harus secara objektif yang berdasarkan perhitungan secara sistematis. 

“Pemkot telah final dalam menyusun kriteria penerimaan tunjangan. Mungkin kita akan menerima kritikan tapi saya sampaikan jika apa-apa, yang pada akhirnya kawan-kawan guru menerima tunjangan,” tagasnya. 

Dijelakan oleh AH bahwa upaya itu semua untuk menjaga agar suatu hari pemberi dan penerima tidak berpotensi akan beresiko hukum. Jika kreteria telah selesai, maka semua dengan upaya hati-hati akan selesai dan tehindar dari potensi hukum. 

“Saat ini kami sedang memikirkan menaikkan tunjangan TPP guru pada tahun 2023,” pungkasnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.