Infrastruktur Masih Jadi Usulan Prioritas di Rakorenbang Kariangau, Dua Anggota DPRD Turut Hadir

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat menggelar Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan (Rakorenbang), pada Rabu (12/1/2022) pagi.

Rakorenbang tersebut dihadiri dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan daerah pemilihan (dapil) Balikpapan Barat, Rahmatia dan Taufik Qul Rahman, selain itu juga dihadiri perwakilan Kecamatan Balikpapan Barat, Lurah Kariangau M Iskandar, Ketua LPM Kariangau Bejo Pawiro Utomo, Ketua Karang Taruna Kariangau Ujang, serta Ketua RT se-Kariangau.

Dalam rakorenbang yang mengusung tema ‘Peningkatan kualitas SDM dan pemerataan akses layanan dasar berkualitas untuk pengembangan ekonomi’, ada lebih 80 usulan warga baik fisik maupun non fisik dari 16 RT yang ada di Kelurahan Kariangau.

Rakorenbang Kelurahan Kariangau pada Rabu (12/1/2022).

Rahmatia mengatakan usulan-usulan dari para Ketua RT ini nantinya akan diperjuangkan oleh para anggota dewan termasuk dirinya. Dengan harapan apa yang menjadi usulan dapat terealisasi pada tahun 2023.

“Rata-rata usulan para Ketua RT berupa perbaikan infrastruktur seperti jalan dan drainase. Saya harap kita dapat terus bersinergi untuk membangun” ujar politisi dari partai Gerindra ini.

Sementara itu, dalam sambutannya Taufik Qul Rahman mengajak mengembangkan pariwisata di wilayah Kariangau. Karena menurutnya, potensi pariwisata di Kariangau sangat berpotensi dibanding dengan kelurahan lain di wilayah Balikpapan Barat.

Anggota DPRD Balikpapan, Taufik saat memberikan sambutan dalam Rakorenbang Kariangau.

“Dengan kolaborasi kelurahan LPM, dan RT pasti dapat menciptakan lokasi pariwisata Kariangau, dengan begitu tenaga-tenaga lokal akan terserap, mulai dari parkir, wisata kuliner, tiket masuk dan lainnya, ini dan juga dapat menjadi PAD kita,” ucap politisi PKB ini.

Lurah Kariangau, M Iskandar mengatakan dari lebih 80 usulan dari 16 RT, ada 10 usulan yang dimasukkan dalam skala prioritas dan di bawa dalam musrenbang tingkat kecamatan.

“10 usulan ini kita tetapkan setelah sebelumnya kita pilah-pilah untuk mencari mana yang menjadi skala prioritas dan dibutuhkan orang banyak. Salah satunya perbaikan akses jalan dari depan pelabuhan feri Kariangau hingga kantor Kelurahan Kariangau,” timpal Iskandar.

Usulan-usulan dalam musrenbang ini lanjutnya, untuk anggaran tahun 2023. Seluruh usulan sudah dimasukkan dalam aplikasi SIPD. “Harapan kami semua usulan dapat dikerjakan di tahun 2023,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *