Jelang Persiapan IKN Pushidrosal Lakukan Pemetaan dan Survey di Perairan Balikpapan dan Teritib

Balikpapan, Metrokaltim. com – Pushidrosal TNI Angkatan Laut kembali melakukan survey dan pemetaan terhadap alur laut teluk Balikpapan. Survey dan pemetaan ini di lakukan untuk mendukung Ibu Kota Negara atau IKN di wilayah administrasi Penajam Paser Utara.

Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di wilayah administrasi Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan keputusan yang telah melalui tinjauan makro geopolitik, geostrategis, geoekonomi, geoekologi dan proses kajian yang mendalam, holistik dan menyeluruh meliputi berbagai aspek termasuk aspek pertahanan, keamanan, dan faktor-faktor strategis penting lainnya untuk kepentingan NKRI jangka panjang.

Kepala Pushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro S.Sos, S.H., M.H yang di dampingi Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Andri Kristianto  mengatakan, Aspek kelautan dan kemaritiman merupakan salah satu hal yang perlu mendapat perhatian khusus, baik untuk kepentingan pertahanan dan keamanan di laut maupun kepentingan publik terjaminnya keselamatan pelayaran guna mendukung perekonomian dan perdagangan melalui laut.

” Pada aspek pertahanan laut diperlukan perkuatan unsur TNI AL yang mampu menjamin keamanan di sekitar IKN, sehingga deploy fasilitas labuh seperti dermaga TNI AL yang memadai dan strategis sangat mutlak diperlukan,” Jelasnya usai memberikan paparan terkait peta alur laut di Mako Lanal Balikpapan (14/8).

Sebagai implementasi tugas, peran dan fungsi Pushidrosal dalam mendukung IKN, maka telah digelar operasi survei dan pemetaan Hidros (Opssurta Hidros) di Perairan Balikpapan dan Perairan Taritip sejak tanggal 8 Juli 2020 dengan menugaskan 2 (dua) Unit Tugas Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi secara sinergis dan terpadu. Penggelaran operasi survei akan dilaksanakan hingga tanggal 26 Agustus 2020.

Dua Unit Tugas yang diterjunkan di daerah operasi terdiri dari Unit Tugas Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi di Perairan Balikpapan dibawah pimpinan Komandan Unit Tugas Survei 4 Letkol Laut (P) Buyung Kurniawan, S.T.,M.T. beserta 14 orang personel, yang melaksanakan operasi survei di sepanjang alur masuk pelabuhan Semayang Balikpapan hingga Teluk Waru, Pulau Balang dan Sabut. Sedangkan Unit Tugas Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi di Perairan Teritib dipimpin oleh Komandan Unit Survei 6 Mayor Laut (P) Yohanis L Kalambo,S.T.,M.Tr.Opsla beserta 14 orang personel, melaksanakan operasi survei sekitar Perairan Teritip, mulai dari daerah Manggar Baru sampai dengan daerah Kuala Samboja. Kegiatan survei hidro-oseanografi meliputi pengumpulan dan pengolahan data hidrografi, oseanografi, meteorologi dan geografi maritim di masing-masing area operasi.

Selain kegiatan Inspeksi terhadap Unit Tugas Survei, Kapushidrosal yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Hidrografi Indonesia (DHI) beserta rombongan berkesempatan melakukan kunjungan kerja kepada Walikota Balikpapan, hal ini untuk memberikan gambaran dan masukan yang konstruktif kepada pemerintah daerah setempat perihal hasil Operasi Survei dan Pemetaan Hidros yang telah dilaksanakan oleh Pushidrosal dalam rangka mendukung penyiapan Balikpapan sebagai salah satu gerbang utama dan penyangga IKN kedepannya.

Diakhir kunjungan dan kegiatan Inspeksi, Kapushidrosal menekankan kepada seluruh personel Unit Tugas Survei untuk tetap menjaga kesehatan, semangat kerja dan meyakinkan bahwa semua tugas dapat dilaksanakan dengan baik serta tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

“Niatkan bahwa setiap tugas dilakukan dengan ikhlas sehingga menjadi suatu ibadah”, ungkapnya.

Diharapkan sekembalinya dari Operasi Survei seluruh personel dalam keadaan sehat dan data yang diperoleh dapat dimanfaatkan dalam pemenuhan pemutakhiran data Peta Laut Indonesia (PLI) baik peta kertas maupun peta ENC maupun pemutakhiran data dan informasi Publikasi Nautika.

(idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published.