Metro Kaltim

Maling Sparepart Alat Berat, Satu Pencuri Berhasil Kabur Saat Disergapan Petugas Keamanan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Aksi tak terpuji dilaku oleh tiga sekawanan, yakni La Imu (19), seorang pemuda berinisial ST (20) dan seorang anak dibawah umur inisial MQ (16). Mereka ketangkap basah mencuri sparepart alat berat dan besi tua (bestu).

Kapolsek Balikpapan Utara, Kompol Supartono Sudin, melalui Kanit Reskrim Polsek Balikpapan Utara, Iptu Subari mengatakan, kejadian ini terjadi pada Kamis (26/9), 11.30 Wita. Saat itu ST mengajak La Imu dan MQ untuk mencuri bestu dan sparepart alat berat. Lokasinya di sebuah gudang perusahaan di kawasan Jalan Purnawirawan KM 5 RT 37 Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara.

La Imu dan MQ menyempakati ajak itu. Tanpa pikir panjang, mereka bergegas ke lokasi yang dituju menggunakan sepeda motor. ST memakai Suzuki Satria Fu, sedangkan La Imu dan MQ berboncengan menggunakan Yamaha Jupiter MX.

Setibanya di sana, ST kemudian memeriksa keadaan sekitar. Setelah dipastikan aman, semua warga yang tinggal di kawasan Balikpapan Utara itu masuk ke area gudang perusahaan.

“Berdasarkan pengakuan tersangka, setelah mereka masuk lalu mengambil besi tua dan sparepart alat berat yang ada di dalam gudang milik korban,” kata Subari.

Barang bukti hasil pencurian yang diamankan pihak kepolisian.

Diketahui, korban alias pemilik barang-barang yang dicuri ini bernama Petrus Kristianus (44), warga Balikpapan Tengah. Adapun barang-barang yang dicuri, seperti tiga buah motor hydrolic mesin bor batu bara, satu buah pompa air sanyo, satu buah roda gila greves, satu buah kas blok mesin Yamaha MT dan satu buah karung tepung bogasari warna putih.

Semua barang-barang tersebut dimasukan oleh para tersangka ke dalam sebuah karung putih bertuliskan lencana merah. Sayangnya, aktivitas haram ini tak berjalan mulus. Petugas kemanan memergokin La Imu, ST dan MQ sedang mengutil di gudang perusahannya. Tanpa basa-basi lagi, petugas langsung menyergap mereka.

Namun tak semua berhasil diamankan. ST berhasil kabur dari sergapan petugas. “Pada saat ketiga pelaku selesai memasukan besi-besi ke dalam karung dan akan meninggalkan lokasi, mereka langsung diamankan petugas keamanan setempat,” beber Kanit Reskrim.

Untuk mempertanggung-jawabkan perbuatannya, La Imu dan MQ diserahkan kepada Polsek Balikpapan Utara. Di sana mereka akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

“Saat ini kedua pelaku sudah diamankan di Mapolsek Balikpapan Utara bersama barang buktinya. Sedangkan satu pelaku masih dalam pengejaran,” pungkas perwira balok dua di pundak itu.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *