Metro Kaltim

Pengelola Jargas Bantah Pipanya Bocor

Balikpapan, Metrokaltim.com – Adanya warga yang menyebut kebakaran di pipa jaringan gas (jargas) yang terjadi di Gang Mailioboro RT 20 Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah, pada Jumat (6/9) sore sekira pukul 18.20 wita, dibantah oleh pihak pengelola jargas.

Koordinator Operational Maintenance Jargas Wilayah Balikpapan, Dwi Cahyo mengatakan pipa jargasnya tidak ada yang bermasalah sebelum terbakar.

“Setelah warga bakar semut apinya baru kena pipa jargas. Disitulah baru pipa bocor karena terbakar,” ujar Dwi.

Baca Juga: Warga Trauma, Sebut Pipa Jargas Bocor.

Mengetahui pipa jargas ada yang terbakar, lanjut Dwi, pihaknya segera menghentikan sementara aliran gas elpiji yang didistribusikan melalui jargas. Akibatnya, ada 21 RT di Sumber Rejo tidak bisa menikmati gas elpiji dari jargas.

Hal ini terpaksa dilakukan agar api dari pipa jargas yang terbakar bisa segera padam. Namun dia memastikan pemadaman jargas ini tidak berlangsung lama.

“Setelah kami stop gasnya, api langsung padam. Ya, adalah satu jam kami stop aliran jargas di sektor 1 yang terdiri dari RT 8 sampai RT 28. Habis itu langsung kami buka lagi,” ungkapnya.

Agar kejadian serupa tak terulang lagi, Dwi mengimbau, agar masyarakat lebih berhati-hati saat menggunakan bahan berbahaya. “Terutama kalau berada di jalur jargas, jangan main-main api, apalagi jargas yang ada di dalam tanah dan belum disemen, ini sangat berbahaya,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *