Pimpin Paripurna HUT Kabupaten, Syahruddin Ingatkan Masyarakat Agar Siap Hadapi Persaingan IKN


PENAJAM, Metrokaltim.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), menggelar rapat paripurna dalam rangka memperingati HUT kabupaten ke-21, Sabtu (11/03/2023).

Rapat paripurna yang digelar di Gedung Paripurna DPRD tersebut, Ketua DPRD PPU Syahruddin M Noor mengajak masyarakat Benuo Taka untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan diri menghadapi persaingan, pasca ditetapkannya sebagai daerah penyangga ibu kota baru.

“Seiring ditunjuknya Kecamatan Sepaku sebagai lokasi pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, tantangan besar bakal kita hadapi. Untuk itu dibutuhkan peningkatan kualitas dan kemampuan diri di berbagai sisi kehidupan,” kata Syahruddin.

Menurut Syahruddin, peningkatan kualitas dan kemampuan diri agar masyarakat PPU lebih siap dalam menghadapi persaingan dengan warga pendatang. Proses pemindahan ibu kota ke Kaltim khususnya PPU secara otomatis menjadi magnet bagi masyarakat luar daerah berbondong-bondong datang.

Sebagai daerah penyangga ibu kota, wilayah PPU akan merasakan dampak di berbagai sektor secara langsung. Sehingga memberikan efek domino dalam hal positif bagi masyarakat dan daerah.

“Tidak bisa dilakukan hanya dengan hal-hal normatif, tetapi harus dengan perjuangan dan langkah-langkah konkret,” terangnya.

Selain mengajak masyarakat mempersiapkan diri menghadapi IKN, dalam rapat paripurna yang dilaksanakan usai kegiatan upacara tersebut, pihaknya juga meminta pemerintah daerah merampungkan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

“Di sisa masa jabatan bupati Hamdam, kami berharap apa yang menjadi rencana pembangunan yang tertuang dalam RPJMD bisa dituntaskan,” pungkasnya. (adv)

139

Leave a Reply

Your email address will not be published.