Ratusan Calon Jamaah Haji Asal Samarinda Mengikuti Vaksinasi, Berharap Dapat Berangkat Semua

Samarinda, Metrokaltim.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Samarinda menggelar vaksinasi terhadap calon jamaah haji asal Kota Samarinda, pada Jumat (26/3).

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda ini diikuti 539 calon jamaah haji. Diketahui, calon jamaah haji ini merupakan calon haji yang sempat gagal berangkat akibat pandemi covid-19 tahun lalu.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso, hadir untuk meninjau langsung kegiatan vaksinasi tersebut. Dia mengatakan calon jamaah haji asal Samarinda ini sudah siap diberangkatkan mengingat sejumlah persiapan sudah dilaksanakan, dan saat ini yang terpenting adalah menyiapkan semua persyaratan yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi, sehingga saat keberangkatan tidak ada lagi kendala untuk jamaah haji.

“Pemerintah Kota Samarinda akan memprioritaskan vaksinasi untuk calon jamaah haji yang sudah mendaftar. Insya Allah (calon jamaah haji) sudah siap diberangkatkan, kita tinggal menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi, yang penting kita siapkan secara tuntas persiapan-persiapan jamaah yang akan berangkat,” terang Rusmadi Wongso.

Sementara itu, Plt Kepala Kementerian Agama Kota Samarinda, Mochlis Hasan mengatakan sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh calon jemaah haji termasuk menyelenggarakan manasik haji dan melakukan tes PCR. Ia pun berharap Pemerintah Arab Saudi tidak mengurangi kuota untuk jamaah haji dari Indonesia.
“Mereka ini (calon jamaah haji) yang divaksin calon jamaah haji yang gagal berangkat tahun lalu, jumlahnya 539 orang. Kami sudah melakukan sejumlah persiapan, dan saat ini kami hanya menunggu keputusan keberangkatan saja. Mudah-mudahan kuotanya tidak berubah dan tidak ada pengurangan,” pungkas Mochlis.

(adv/mk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *