Sebanyak 234 PNS Pemkot Samarinda Dilantik, Andi Harun Ingatkan Profesionalitas Kerja

Samarinda, Metrokaltim.com – Sebanyak 234 Pegawai Negeri Sipil (PNS) baik pimpinan tinggi pratama, administrasi pengawas dan kepala sekolah resmi dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Wali Kota Samarinda di halaman parkir kantor Balaikota Samarinda, Senin (14/2/2022).

Sebagaimana dengan terbitnya Surat Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-418/KASN/1/2022 tanggal 31 Januari 2022 tentang Rekomendasi Hasil Uji Kompetensi PPT Pratama di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda, pengambilan sumpah jabatan administrator dan para pejabat pengawas tersebut untuk mengisi beberapa jabatan yang kosong dan penyesuaian dengan perampingan organisasi perangkat daerah.

“Saya minta, kepada para pejabat yang baru saja dilantik dan dikukuhkan, untuk segera melaksanakan tugas-tugasnya di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing,” ucap Wali Kota Samarinda, Andi Harun dalam sambutanya.

Andi Harun menjelaskan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji jabatan merupakan bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

“Pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik agar tetap berjalan dengan baik,” sebutnya.

Selain itu ditegaskan Andi Harun jika pimpinan tinggi yang baru dilantik jika dalam menjalankan tugas baru ada tiga hal yang harus di perhatikan yakni pertama, professional dan bertanggung jawab. ASN yang professional adalah ASN yang memiliki komitmen pribadi yang mendalam atas pekerjaannya.

“Cara berpikir dan cara bertindak dalam menjalankan tugas sebagai ASN seperti seorang entrepreuner, cepat, tepat dan dapat dipertanggung jawabkan,” sebutnya.

“Aparatur Sipil Negara harus tetap loyal dan tegak lurus dalam menjalankan peraturan dan mendukung kebijakan strategis kepala daerah dalam mewujudkan visi dan misi Kota Samarinda,” pungkasnya. (Adv).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *