Siasat Polda Kaltim Basmi Corona, Kerahkan Brimob hingga Alutsista Anti Huru-Hara

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim telah menyatakan perang terhadap corona virus disease 2019 (Covid-19). Mereka mengerahkan semua satuan dan alutsista anti huru-hara untuk membasmi virus asal Wuhan itu di Balikpapan.

Diketahui, ada dua unsur kepolisian yang dilibatkan dalam perang melawan corona ini. Yaitu Satuan Brimob Polda Kaltim dan Polresta Balikpapan. Pada Selasa (24/3) siang, mereka menyemprotkan cairan disinfektan antivirus di sejumlah tempat di Balikpapan. Seperti di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Pelabuhan Semayang hingga pintu masuk Grand Residen di Kilometer 7.

Dalam penyemprotan disinfektan ini, mereka menggunakan dua unit Armoured Water Canon (AWC) dengan kapasitas 6000 liter dan dua unit Rantis KBR milik Detasemen Gegana. Badan Penaggulangan Bencanan Daerah Balikpapan juga dilibatkan dalam perang melawan virus ini.

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan disemprot cairan disinfektan.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, mereka juga memberikan imbauan kepada pengunjung Bandara Sepinggan dan Pelabuhan Semayang untuk selalu berwaspada terhadap serangan corona.

Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang mengatakan, kegiatan ini dalam upaya mengantisipasi Covid-19. “Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran virus yang mungkin menempel pada kendaraan dan pengguna jalan dan di areal yang dilakukan penyemprotan,” kata John dikonfirmasi di lokasi penyemprotan.

Kendaraan pun ikut disemprot antivirus.

Ditambahkannya, penyemprotan disinfektan ini sudah sesuai dengan amanat yang sampaikan pemerinah dan Kapolri. “Kepada seluruh jajaran kepolisian untuk dapat mendukung pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Diterangkan John, bahwa pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini adalah tanggung jawab semua elemen masyarakat. Oleh karenai itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar membatasi kegiatan dan tidak membuat keramaian serta melakukan jaga jarak atau social distancing antar personal. Karena hal tersebut bisa memutus penularan virus mematikan corona.

“Kami, Satbrimob Polda Kaltim bersama Polresta Balikpapan dan BPBD Balikpapan berupaya sekuat kemampuan kami untuk meminimalisir penyebaran wabah di Kota Balikpapan. Salah satu caranya dengan penyemprotan desinfektan,” tutup Dansat Brimob.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.